Kota Ini Dinilai Paling Bahagia Sedunia

Mahasiswi di Yonsei University, Seoul.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo

VIVA.co.id – Kota Seoul di Korea Selatan, dinyatakan sebagai kota paling bahagia di dunia karena kaya, sehat, dan relatif bebas kejahatan. Fakta itu dirilis oleh Perusahaan Konsultan dan Desain, Arcadis melalui risetnya yaitu Sustainable Cities Indeks 2016 , yang salah satunya memeringkat 100 kota besar di dunia dengan tingkat kebahagiaan warganya di level tertentu.  

3 Cara Unik Gina Kimbab Family Kenalkan Budaya Indonesia ke Anak

Dilansir dari Business Insider, Kamis, 15 September 2016, riset tersebut, mengukur kebahagiaan kota-kota itu berdasarkan beberapa sub indeks. Yaitu, ketimpangan pendapatan, kejahatan, pendidikan, keseimbangan kehidupan kerja, kesehatan dan keterjangkauan masyarakat suatu kota. 

Hasilnya, Arcadis menemukan bahwa fokus pemerintah Korea Selatan pada kesehatan dan pendidikan mampu mendorong Seoul berada di peringkat pertama. 

Jubir Jelaskan Maksud Pernyataan Wapres soal K-Pop Jadi Inspirasi

"Program pemerintah juga mencakup kebijakan perencanaan perkotaan untuk memperkuat identitas kota, daya saing global, arah pembangunan dan inovasi dalam kelestarian lingkungan hidup bagi warga negara," tulis hasil riset tersebut. 

Pemimpin Seoul dinilai telah mengambil langkah-langkah serius terhadap keberlanjutan kota dan proyek-proyek pengembangan kota yang sedang digarap. Contohnya, proyek perbaikan aliran sungai dan daerah-daerah tercemar, yang telah diubah menjadi ruang rekreasi publik di jantung kota. 

PP Jakarta-Seoul Cuma Rp4,2 Juta di Korea Travel Fair 2019

"Restorasi tidak hanya memacu pembangunan ekonomi, tetapi juga memberikan perlindungan dari banjir yang sangat dibutuhkan di kota. Untuk meningkatkan keberlangsungan ekonomi, lingkungan dan kehidupan sosial di Seoul," tegasnya. 

Pada 2013, pemerintah kota itu juga telah meluncurkan rencana kerja jangka panjang di Seoul, yang fokus mempromosikan beberapa hal penting bagi pengembangan kota. Antara lain, kota tanpa diskriminasi, kota global yang dinamis dengan pasar ketenagakerjaan yang kuat, kota budaya dan bersejarah, dan sebuah kota yang kehidupannya aman, serta mudahnya sarana transportasi. 

Konferensi pers 2021 We Go Together Festival.

Korea Festival 2021 Ajak Indonesia Maju Bersama Hadapi COVID-19

Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia menggelar rangkaian kegiatan seni dan budaya yang diberi tajuk 2021 We Go Together Festival.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2021