Lima Cara Jitu untuk Berlibur Hemat

Atur rencana liburan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menjelang libur akhir tahun, ada banyak yang bisa kita persiapkan sejak dini. Seperti mulai mempersiapkan tujuan tempat berlibur, kegiatan yang akan dilakukan, dan bujet untuk berlibur.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

Persiapan untuk bujet liburan diperlukan agar kamu tidak sampai kesulitan untuk mempersiapkan seluruh biaya mendekati tanggal pergi berlibur.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa persiapan bujet untuk liburan dapat dilakukan dengan menyisihkan penghasilan setiap bulan dan bonus yang mungkin diterima menjelang akhir tahun.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

“Membuat perkiraan bujet liburan sejak dini merupakan hal yang sangat krusial, agar kamu tidak sampai terpaksa meminjam uang demi pergi liburan yang umumnya bersifat konsumtif. Selain itu, membuat perkiraan bujet liburan sejak dini membuat kamu lebih fleksibel untuk mencari cara menghemat bujet liburan yang telah kamu buat,” kata Jay.

Bicara soal menghemat bujet pergi liburan, ada beberapa jalan yang bisa kamu lakukan untuk menikmati liburan hemat namun tetap menyenangkan.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Cara pertama, hindari berlibur jauh di masa liburan. Tanggal-tanggal menjelang akhir tahun merupakan hari-hari yang mahal untuk pergi berlibur.

Kamu bisa coba untuk memilih pergi berlibur jauh hari sebelumnya (misalnya di awal Desember), sedangkan liburan akhir tahun dihabiskan di daerah lokal. Harga tiket transportasi, akomodasi, maupun objek wisata cenderung lebih murah di luar tanggal-tanggal merah atau tanggal liburan.

Cara kedua, gunakan alternatif pesawat jika tujuan liburan tidak terlalu jauh. Misalkan kamu dari Jakarta dan ingin berlibur ke Bali. Kalau ingin menghemat tiket pesawat, kamu bisa mencoba jalur alternatif dengan menggunakan kereta dan feri untuk menuju Bali. Jika kamu orang yang menikmati perjalanan, maka cara ini cukup ampuh untuk memberikan suasana baru saat berlibur.

Cara ketiga, beli paket liburan. Menjelang bulan-bulan musim liburan, banyak agen perjalanan dan biro travel yang menawarkan paket khusus liburan. Kamu bisa menghemat uang dan waktu dalam merencanakan itinerary saat menggunakan jasa mereka. Kamu juga bisa coba menanyakan potongan harga untuk perjalanan rombongan.

Cara keempat, gunakan tiket terusan. Banyak objek-objek wisata yang saling bekerjasama untuk menawarkan tiket terusan. Tiket terusan umumnya mencakup dua atau lebih izin masuk objek wisata.

Harga juga jauh lebih murah dibandingkan membeli setiap tiket masuk sendiri-sendiri. Kamu bisa coba mencari harga tiket terusan di situs agen perjalanan lokal.

Cara kelima, manfaatkan promo musim liburan. Selain agen perjalanan, banyak pula hotel atau maskapai penerbangan yang menawarkan promo berlibur.

Kamu bisa mendapatkan promo terus asalkan bertransaksi dengan kartu kredit tertentu. Pastikan kamu memiliki kartu kredit yang tepat untuk memanfaatkan berbagai promo tersebut.

Bijaklah dalam mempersiapkan bujet liburan agar kondisi keuangan tetap stabil dalam jangka panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya