Bos Ciputra: Banyak Kontraktor Sepelekan Standar Kerja Aman

Proyek Pembangunan Rusunawa Khusus Pekerja
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Presiden Direktur PT Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengatakan, penerapan health, safety, and environment (HSE), atau standar keamanan kerja yang baik di Indonesia dalam bidang konstruksi, masih belum optimal.

Buruh Indonesia Lagi Berjuang, di China Malah Dikasih Mobil Baru

Menurutnya, hal itu terbukti dengan masih banyak pelaku jasa konstruksi yang belum terbiasa dengan aturan keamanan dan keselamatan kerja yang ketat itu. Bahkan, ada sebagian yang cenderung menyepelekan.

"Tantangan awalnya, memang masih banyak yang belum menyadari pentingnya HSE yang bisa memberikan benefit besar terhadap perusahaan maupun pekerjanya," kata Budiarsa di sebuah galeri seni kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 12 Oktober 2016.

Diterpa Badai COVID-19, Citra Sentul Tetap Raih Penjualan Rp350 Miliar

Dia menilai, HSE ini sangat penting untuk diterapkan, karena berkaitan dengan aset paling berharga dari perusahaan konstruksi itu sendiri, yakni para pekerja atau sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan.

Selain itu, lanjut dia, penerapan HSE ini juga akan membantu menciptakan iklim ramah lingkungan, karena diatur dan menjadi bagian yang terintegrasi di dalam penerapan program tersebut.

KSPI Bantah Ikut Tim Pembahasan Draf RUU Cipta Lapangan Kerja

"Ini penting, karena kita harus sayang sama pekerjaan kita. Budaya ini juga bisa mewujudkan lingkungan kerja yang ramah lingkungan," ujarnya.

Diketahui, HSE merupakan salah satu bentuk implementasi dari program keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L) nasional, yang dicanangkan pemerintah dan harus diterapkan di setiap proyek pembangunan perumahan. (asp)

Contoh rumah Rp130 juta yang dijual Ciputra Group di Maja, Banten.

Dukung Insentif PPN, Ciputra Jual Rumah Rp133 Juta Secara Virtual

Ciputra Group mengadakan event Ciputra Virtual Expo di www.CiputraVirtualExpo.com dari 18 Maret hingga 11 April 2021.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2021