2 Tahun Jokowi-JK, RI Keluar dari Perlambatan Ekonomi Global

Naik Kereta Kuda, Jokowi-JK Disambut Lautan Massa
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Dua tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, situasi perekonomian global masih menjadi momok yang berpotensi memengaruhi perekonomian dalam negeri secara menyeluruh.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, dalam empat sampai lima tahun terakhir, situasi perekonomian global memang mengalami fase sulit. Berbagai negara maju maupun berkembang pun terkena imbas dari perlambatan tersebut.

Aktivitas perdagangan internasional yang melesu, menjadi salah satu penyebab perlambatan ekonomi global semakin terasa. Sejumlah negara maju maupun berkembang, mulai memutar otak untuk merangkai kebijakan yang mampu menangkal sentimen dari pelemahan ekonomi.

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

"Tetapi, tidak semua berhasil keluar dari pusaran perlambatan ekonomi," ungkap Darmin, saat ditemui di Gedung Bina Graha, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 25 Oktober 2016.

Menurut Darmin, Indonesia, India, Filipina, dan Vietnam, merupakan negara-negara yang tidak begitu terseret dengan adanya perlambatan ekonomi global. Rangkaian kebijakan yang diterbitkan, dianggap telah menangkal dampak dari perekonomian global.

Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2022 Dapat Tercapai Jika...

Namun, lain cerita bagi negara-negara seperti Brasil, Rusia, Afrika Selatan, sampai dengan Turki, yang begitu merasakan dampak dari perlambatan ekonomi. Terlepas dari hal tersebut, Indonesia masih menjadi salah satu negara yang mampu tumbuh di tengah perlambatan ekonomi.

"Brasil dan Rusia sudah masuk ke arah negatif. Afrika Selatan mungkin di ambang kesulitan sekarang. Turki ada persoalan politik. Tidak ada yang mampu bertahan," katanya. (asp)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

BPS baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen dan sepanjang 2021 3,69 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022