Menkeu: Rakyat Miskin Terkonsentrasi di Negara-negara Muslim

Suasana tempat tinggal kaum miskin di perkotaan.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengungkapkan rakyat miskin saat ini sudah mencapai 14 persen dari seluruh penduduk dunia, yang berjumlah sekitar tujuh miliar. Sehingga, jumlah penduduk miskin di dunia saat ini ada sekitar satu miliar orang.

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Ani, sapaan Sri Mulyani mengatakan sebagian besar penduduk miskin itu terkonsentrasi di negara-negara muslim. Kebanyakan di negara-negara Afrika dan Asia Selatan.

“Mulai dari Nigeria, Chad, Kamerun, Ethiopia, Kenya, Tanzania, dan beberapa negara di kawasan Asia Selatan,” kata Ani saat memberikan kuliah umum di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2016, di Grand City, Surabaya, Jumat 28 Oktober 2016.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Menurutnya, hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi negara-negara Islam. Tidak terkecuali Indonesia, yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Ia menjelaskan, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, Indonesia harus memanfaatkan potensi ekonomi syariah. Ani menganggap pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia sebenarnya cukup menjanjikan.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

“Misalnya dalam keuangan syariah selama satu dekade terakhir itu asetnya mencapai Rp3,2 triliun. Padahal sebelumnya hanya Rp1,6 triliun. Artinya ada kenaikan sebesar 10 persen setiap tahunnya,” tuturnya.

 

(ren)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya