Ini 5 Negara Termiskin dan Tidak Aman di Dunia

Yaman
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – The Legatum Institute, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di London merilis hasil survei peringkat negara paling makmur di dunia. 

1 Miliar Lebih Orang Terjebak Krisis Obesitas! Negara Miskin Terancam Bahaya Besar

Dilansir dari CNBC, Senin 7 November 2016, jika soal kemakmuran mungkin sebagian besar akan berbicara tentang uang. Namun Legatum Institute berpikir ada lebih dari itu. Lembaga ini membandingkan 104 variabel yang terpisah untuk membuat daftarnya.

Variabel-variabel ini mencakup indikator seperti produk domestik bruto per kapita dan jumlah orang dalam pekerjaan penuh waktu, tetapi juga daerah yang lebih menarik seperti toleransi sosial dan seberapa baik internet di negara tersebut. 

5 Negara Kaya di Dunia yang Sekarang Jatuh Miskin

Variabel kemudian dibagi menjadi sembilan subindexes: kualitas ekonomi, lingkungan, bisnis, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, kebebasan berpendapat, modal sosial, dan lingkungan alam.

Berikut ini adalah negara-negara yang berada di peringkat paling bawah. Mereka umumnya kurang dari segi pemerintah, keamanan, kemakmuran dan sistem pendidikan.

Dukung Pembangunan IKN, Prabowo: Jangan Termakan Brain Wash Indonesia Negara Miskin

5. Republik Demokratik Kongo 

Warga di Republik Demokratik Kongo menempati peringkat sebagai negara yang paling tidak aman kedua berdasarkan Prosperity Index. 

Sudan

4. Sudan 

Posisi Sudan jatuh dari peringkat 134 pada tahun lalu menjadi 145 pada tahun ini, sebagai negara dengan angka kemakmuran yang rendah.

3. Republik Afrika Tengah

Seperti namanya, negara ini terletak di jantung Afrika.  Negara ini telah meningkatkan posisinya dari paling tidak sejahtera pada 2015. 

Afganistan

2. Afghanistan 

Negara yang dilanda perang selama puluhan tahun, tidak mengherankan jika Afghanistan menempati peringkat kebebasan paling terburuk dari semua negara yang disurvei, dan ketiga terburuk bagi pemerintahan.

1. Yaman 

Negara ini hancur oleh perang sipil, Yaman berada di posisi terakhir sub index ekonomi, kewirausahaan, dan pemerintahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya