Batu Bara Masih Jadi Komoditas Eksploitasi

Ilustrasi/Aktivitas pekerja tambang batubara di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menyatakan, dalam rencana umum energi nasional tertuang keinginan pemerintah agar batu bara sebagai komoditas energi yang tidak untuk dieksploitasi.

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

Namun, Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono, mengatakan, selama ini pihaknya masih didorong untuk eksploitasi komoditas batu bara demi meningkatkan pendapatan negara. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016, bahkan penerimaan negara bukan pajak dari sektor pertambangan dipatok Rp30,1 triliun, dan untuk APBN 2017 naik menjadi Rp32,4 triliun.

"Kenyataannya saya selalu dibebani bahwa minerba, PNBP harus Rp30 triliun tahun ini, tahun depan Rp32 triliun," kata Bambang dalam acara Forum Group Discussion Bidang ESDM di Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu, 9 November 2016.

Tim SAR Temukan Jasad Korban Tenggelam di Lubang Bekas Tambang Batu Bara di Jambi

Menurut Bambang, jika angka PNBP terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, sama saja dengan pemerintah harus melakukan eksploitasi sebesar-besarnya demi mendapatkan lebih banyak penerimaan negara.

"Di sisi lain batu bara dinilai energi kotor," ucapnya.

Tambang Batu Bara di China Runtuh, 2 Orang Tewas 50 Hilang Diduga Terkubur

Menurut dia, jika target PNBP terus naik setiap tahunnya, itu tidak sejalan dengan keinginan pemerintah yang tertuang dalam rencana umum energi nasional.

"Oleh karena itu, kebijakan batu bara, harus benar-benar dijadikan sebagai prioritas energi yang disebutkan dalam RUEN, bahwa batu bara jangan diperlukan sebagai komoditas (ekspor), tapi harus sebagai (pemenuhan kebutuhan) energi," ujarnya.

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

PT VKTR Teknologi Mobilitas memperkenalkan EV Mining Truck atau truk listrik untuk industri pertambangan sebagai terobosan baru dalam Pameran Indonesia Mining Exhibition.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023