Kereta Semi Cepat Bakal Ciptakan Ratusan Ribu Lapangan Kerja

Ilustrasi naik kereta api.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, yakin dengan adanya pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya mampu menciptakan ratusan ribu lapangan kerja. Apalagi, pembangunan infrastruktur kereta ini akan dilakukan dengan skema double track.

Bakal Jadi yang Terpanjang di RI, Kemenhub Bangun Rel Layang Solo

"Dampak ekonominya juga baik. Itu bisa menciptakan lapangan kerja sampai ratusan ribu," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat, 11 November 2016.

Luhut menjelaskan bahwa saat ini diperkirakan kecepatan kereta medium sekitar 165 kilometer per jam. Sehingga jarak tempuh Jakarta-Surabaya hanya memakan waktu selama lima hingga enam jam.

Jalur Pondok Ranji-Kebayoran Tergenang Air, Operasional KRL Terganggu

Pembangunan jalur kereta api dengan sistem double track ini akan memanfaatkan jalur rel kereta yang lama atau revitalisasi. "Kita berharap itu bisa mulai mungkin akhir tahun depan, itu bisa selesai akhir 2019. Dua tahun karena sudah ada rel," kata mantan Kepala Staf Kantor Kepresidenan ini.

Skema pembiayaan saat ini masih dipertimbangkan apakah akan melalui skema business to business atau government to business. Saat ini, pembiayaan proyek ini juga akan dilakukan dengan tambahan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Aksi Konyol Pengemudi Mitsubishi Masuk Rel Kereta Berujung Penjara

Meski demikian, lanjut Luhut, yang perlu diperhatikan adalah dampak ekonominya luas dan mendukung arus logistik. Artinya akan ada ke industri baru yang tercipta dari pembangunan proyek ini. "Nanti akan ada exit ke industrial baru," ucapnya. (ase)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Garap Proyek Transportasi, Menhub Sebut Jokowi Akan ke Jepang

Beberapa proyek transportasi yang disiapkan seperti kelanjutan MRT di Jakarta, hingga kereta semi cepat dari Surabaya ke Jakarta. Skema G to G atau G to B.

img_title
VIVA.co.id
22 Juni 2022