Ragu Akan Keputusan OPEC, Harga Minyak Tergelincir

Ladang minyak di California.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia turun empat persen pada perdagangan Selasa atau Rabu WIB, menjelang pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC. 

Hari Terburuk Harga Minyak Sejak Pandemi, Dunia Resah

Saat ini OPEC sedang berjuang menyepakati kesepakatan untuk memangkas produksi guna mengurangi kelebihan pasokan minyak dunia, demikian dilansir dari CNBC, Rabu 30 November 2016.

Harga minyak mentah Brent turun US$1,87, atau 3,9 persen, per barel. Minyak mentah AS turun US$1,85 atau 3,9 persen, menjadi US$45,23 per barel.

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

OPEC  akan mengadakan pertemuan di Wina pada Rabu, tujuannya untuk mengimplementasikan kesepakatan yang telah dilakukan sebelumnya pada September lalu. 

Dalam pertemuan sebelumnya, mereka berencana memangkas produksi sekitar satu juta barel per hari (bph), dari sekitar 33,82 juta barel per hari.

Harga Minyak WTI Tembus US$116,5 per Barel, Level Tertinggi Sejak 2008

Tapi Iran dan Irak menolak tekanan dari Arab Saudi untuk mengurangi produksi minyak, sehingga sulit bagi OPEC untuk mencapai kesepakatan. 

Menteri Perminyakan Iran sebelumnya pada Selasa mengatakan, negara itu siap untuk mengurangi produksi minyak seperti yang telah disepakati bersama OPEC.

Ladang minyak/Ilustrasi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Harga minyak jatuh lebih dari lima persen ke level terendah dalam hampir dua minggu pada akhir perdagangan Senin.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022