Delapan Jurus Gelar Pesta Nikah Murah nan Meriah

Ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya, bahwa suatu saat Anda akan berjalan bersama pasangan, memasuki sebuah gedung megah, dan di depannya kursi mempelai sudah menunggu untuk ditempati. Di samping itu, ada banyak sajian masakan yang tentunya enak, beserta jenis makanan lainnya, untuk para tamu, agar mereka juga ikut berbahagia dalam pesta pernikahan kita. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Gaun yang indah, make up yang glamor, semua ini tentunya menjadi impian para calon pengantin. Sekarang ini, semua hal tentang pernikahan secara lengkap bisa diserahkan kepada penyedia jasa pernikahan khusus yaitu wedding organizer (WO), yang tentunya memerlukan budget yang cukup tinggi. 

Namun, pernikahan tidak selalu harus menggunakan jasa WO jika memang keuangan kurang memungkinkan. Masih ada cara lain yang tidak kalah menariknya, untuk membuat pernikahan menjadi maksimal tentunya. Dan cara ini juga dapat membantu Anda mengumpulkan uang lebih dengan lebih maksimal.

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Berikut ini ada delapan tips menurut Cermati.com, untuk Anda dan pasangan untuk mengumpulkan uang lebih banyak pada pernikahan.

1. Mengurangi biaya per tamu

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Tips yang pertama ini bisa dilakukan untuk menghemat uang pernikahan dengan memotong biaya makanan dan minuman per tamu. Anda dan pasangan sebaiknya memilih menu makanan untuk pernikahan yang biayanya lebih minimal, namun tentu rasa dan menunya cukup beragam. 

Standar biaya untuk makanan dan minuman pernikahan di setiap kota memang berbeda, Anda sesuaikan dengan standar tersebut dan kurangi jumlahnya seperlunya.

2. Memilih paket pernikahan

Jika hendak melangsungkan pernikahan di gedung atau juga hotel, sebaiknya Anda memilih paket wedding tertentu, yang di dalamnya sudah termasuk dengan biaya lainnya, seperti katering, meja dan kursi, MC, dan lain sebagainya. Harga paket ini biasanya bisa lebih hemat. 

3. Pilih jadwal pernikahan saat sedang off season

Point ketiga ini juga dapat dilakukan untuk berhemat saat hendak melangsungkan pernikahan. Di mana, Anda harus pandai mencari hari pernikahan yang tepat saat sedang off season. Sebaiknya melangsungkan pernikahan saat tidak di musim orang menikah, karena biasanya biaya akan cukup tinggi. 

Contoh bulan off season adalah bulan Desember. Sementara on season adalah sekitar bulan Juni hingga Oktober.

4. Photography dengan harga wajar

Salah satu hal penting yang tentunya wajib ada saat pernikahan adalah jasa fotografi, yang akan mengabadikan seluruh momen indah saat pernikahan berlangsung. Saat ini ada banyak jasa foto yang menawarkan harga jasanya dengan wajar.

Tidak perlu harus profesional yang budget-nya cukup tinggi untuk foto yang bagus. Rata-rata jasa fotografer saat ini, mereka memiliki ciri khas masing-masing yang akan membuat hasil foto anda maksimal dengan budget minimal. Siapa tahu ada teman Anda yang juga seorang fotografer, Anda bisa berdiskusi dengannya mengenai jasa foto untuk pernikahan itu.

5. Menyewa mobil pengantin dan keluarga

Menyewa mobil ini, sebagai alternatif kendaraan yang dinilai cukup hemat, dibandingkan kita harus membeli mobilnya terlebih dulu. Jasa penyewaan mobil untuk pernikahan saat ini juga sudah memiliki jenis mobil yang bermacam-macam. 

Bahkan, mobil mewah pun sudah bisa disewa. Anda juga bisa lebih berhemat, jika memang ingin menyewa kendaraan yang bisa membawa Anda serta keluarga besar, seperti kendaraan bus mini misalnya. Ini juga akan membuat anggaran lebih hemat.

6. Menyimpan uang lebih untuk pernikahan

Menabung adalah jembatan kita meraih mimpi. Salah satunya ada mimpi untuk mewujudkan pernikahan yang sesuai keinginan. Terkadang pernikahan tidak berlangsung sesuai harapan, karena terkendala masalah budget. Dengan menabung secara maksimal, Anda dan pasangan masih memiliki kesempatan untuk benar-benar bisa mewujudkan keinginan kalian.

7. Cari dekorasi dengan anggaran yang minimal

Dekorasi adalah hal yang dapat membuat pernikahan menjadi lebih indah lagi. Namun, membuat dekorasi pernikahan juga tidak selalu harus yang mahal. Bahkan, sebagian orang saat ini ada yang menggunakan banyak barang bekas, untuk bisa membuat dekorasinya sendiri dengan hemat. Anda dan pasangan bisa menyimpan uang lebih dengan tidak terlalu memikirkan dekorasi yang mahal. 

8. Mencari pakaian pernikahan yang terjangkau tapi unik

Sekarang ini zamanya digital, segala hal bisa kita dapatkan dengan mudah secara online. Salah satunya adalah pakaian pernikahan. Di luar negeri, membeli baju pernikahan secara online, dengan harga yang terjangkau tenyata mudah didapatkan. 

Di Indonesia, memang masih jarang ditemukan, namun untuk menghemat anda dan pasangan bisa membeli pakaian pengantin secara online, membeli di butik maupun menyewa saja. ini juga bisa lebih hemat, dibandingkan harus membuat baju pernikahan yang cenderung lebih tinggi biayanya.
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya