Menko Darmin Tak Peduli Uang Rupiah Baru Dituding Mirip Yuan

Sosialisasi Uang Pecahan Baru di Blok M
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Beragam tanggapan dari masyarakat muncul setelah diluncurkannya uang rupiah pecahan baru oleh Bank Indonesia. Desain baru ini bahkan disebut mirip mata uang Yuan milik Republik Rakyat China (RRC) hingga mirip Euro.

bank bjb Dukung BI Sediakan Uang Rupiah Baru untuk Ramadan dan Idulfitri 2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, tak mau berkomentar terlalu banyak terkait kemiripan desain mata uang baru Indonesia itu. Ia mengapresiasi hadirnya pecahan baru tersebut dan berharap kursnya akan lebih baik.

"Mirip apa enggak, yang penting kursnya jelas," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Rabu 21 Desember 2016.

Tukar Uang Tunai Baru Tak Boleh Bersifat Jual Beli, Begini Kata MUI

Mantan gubernur Bank Indonesia itu tak begitu mempermasalahkan desain pecahan baru tersebut. Desain tersebut menurutnya sudah sesuai.

Seperti yang diketahui, Bank Indonesia, pada Senin 19 Desember 2016 secara resmi mengeluarkan dan mengedarkan 11 pecahan uang rupiah baru tahun emisi 2016. Terdiri dari tujuh pecahan uang kertas, dan empat pecahan uang logam.

Bule di Bali Antusias Tukar Uang ke Rupiah Baru

Uang rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000, Rp2.000, Rp1.000. Sedangkan uang rupiah logam baru terdiri atas pecahan Rp1.000, Rp500, Rp200, Rp100.

(ren)

Momen nukar uang baru

Viral! Demi Uang Baru untuk Lebaran, Warga Cikampek Rela Letakkan Sandal untuk Dapat Antrean

Demi mendapatkan uang pecahan dengan nominal yang diinginkan, mereka rela mengantre lama serta panjang. Tidak hanya di Istora Senayan, nampak di beberapa tempat pun sama.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024