Ingin Harga Jual Rumah Meningkat, Lakukan Cara Ini

Ilustrasi harga properti
Sumber :
  • Dokumentasi Rumahku.com

VIVA.co.id – Harga properti dipastikan akan meningkat setiap tahunnya. Namun, apakah properti Anda turut mengalami kenaikan harga? Bisa jadi tidak, mengingat properti Anda semakin tua bahkan tidak mendapatkan perawatan yang memadai. 

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Dilansir dari laman rumahku.com pada Rabu 4 Januari 2017, jika Anda tidak memperhatikan kondisi bangunan properti Anda dari tahun ke tahun, jangan salahkan jika nilai properti Anda tidak bertambah banyak bahkan menyusut. Hal ini akan sangat mungkin terjadi hingga akhirnya hunian Anda hanya akan dinilai seharga tanahnya saja. 

Guna menghindari hal tersebut, Anda perlu mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk membuat harga jual rumah meningkat. Beberapa di antaranya adalah seperti hal berikut ini:

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

1. Membenahi eksterior rumah

Ini adalah hal utama yang perlu Anda perhatikan sebelum menjual rumah. Kondisi bangunan rumah terkadang menjelaskan segalanya. Untuk itu, lakukan perubahan positif pada eksterior rumah guna mendapatkan respons positif dari pembeli. 

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Anda bisa mengecat pagar, mengecat dinding rumah bagian luar, memberikan tumbuhan segar di halaman depan rumah ataupun sekadar meletakkan kursi dan meja guna menghangatkan suasana di halaman tersebut.

2. Membenahi desain interior

Harga jual rumah sedikit banyak ditentukan oleh desain ruangan seperti warna dinding, pintu, peletakan benda-benda penghias ruangan ataupun letak ventilasi. Itulah mengapa Anda penting untuk menjaga agar seluruh tatanan ruangan di rumah tetap indah untuk dipandang. 

Jika ingin menjual rumah beserta furnitur di dalamnya, Anda juga perlu menempatkan sofa, meja, hiasan dinding dan sebagainya pada tempat-tempat yang tepat.

3. Membenahi perabotan kamar mandi

Selain melihat ruangan-ruangan utama, pembeli umumnya juga melihat kondisi kamar mandi. Untuk itu pastikan Anda menempatkan perabotan kamar mandi yang baik. Misalnya pemilihan warna lantai, shower, penempatan rak handuk dan sebagainya. Guna menghindari biaya renovasi berlebihan, Anda juga bisa menggunakan wallpaper untuk mengganti cat dinding.

4. Renovasi dapur

Perhatikan kondisi dapur di rumah tersebut. Apakah sudah memiliki ventilasi pembuangan udara kotor yang layak, apakah memiliki tempat cuci piring yang memadai dan sebagainya. Mengecat dinding dapur juga bisa memberikan suasana berbeda di dapur tersebut.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya