Enam Negara Berbiaya Hidup Murah Bagi Ekspatriat

Pesona supermoon di seluruh dunia.
Sumber :
  • REUTERS/Athit Perawongmetha

VIVA.co.id – Para ekspatriat atau warga negara asing sering pindah ke luar negeri untuk mendapatkan kesempatan kerja baru, melakukan hubungan pertemanan, atau bahkan hanya untuk hidup sederhana.

5 Negara dengan Ekspatriat Cina Terbanyak, Indonesia Jumlahnya Segini

Dilansir dari laman Business Insider, pada Rabu 1 Februari 2017, Internations jaringan terbesar dunia untuk orang-orang yang tinggal dan bekerja di luar negeri telah mensurvei sekitar 14.300 ekspatriat yang mewakili 174 negara dan tinggal di 191 negara atau wilayah.

Dari survei tersebut Internations meminta para ekspatriat itu menilai 43 aspek yang berbeda dari kehidupan di luar negeri dengan skala satu hingga tujuh. Kemudian, menghitung skor dan mendapatkan rata-rata keseluruhan. 

Ekonomi Mulai Pulih, Properti di Karawang Kian Diburu

Salah satu survei tersebut adalah biaya hidup, di mana data itu hanya berdasarkan penilaian yang diberikan oleh responden untuk biaya umum hidup di negara mereka masing-masing tinggal, juga pada skala satu hingga tujuh.

Sebanyak 67 negara yang termasuk dalam indeks ini. Ukuran sampel minimum per negara sebanyak 50 responden. Lebih dari 45 negara-negara lainnya memiliki lebih dari 100 responden. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut:

7 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Eropa, Cocok untuk Ekspatriat

1. Ukraina

Negara Eropa Timur mendominasi bagian atas peringkat, berkat 45 persen dari ekspatriat mengatakan bahwa biaya hidup sangat terjangkau. Ini jauh di atas rata-rata di seluruh dunia yaitu 14 persen.

Kemudian, sekitar 75 persen ekspatriat juga mengatakan bahwa biaya hidup yang rendah adalah salah satu faktor terbesar menarik mereka untuk pindah ke sana sebagai tempat pilihan pertama.

2. Thailand

Uang pergi jauh ke sana untuk ekspatriat mencari makanan, transportasi, dan akomodasi yang murah jika dibandingkan dengan negara-negara Barat.

3. Taiwan

83 persen dari mereka yang disurvei umumnya puas dengan biaya hidup di negara itu, dengan 96 persennya juga mengatakan bahwa pendapatan rumah tangga cukup untuk kehidupan sehari-hari mereka.

4. Vietnam

Di negara ini, keuangan pribadi Anda sangat terjangkau sejak penginapan dan makanan datang, selain itu negara ini juga miliki beberapa biaya yang relatif murah di seluruh benua dan dunia.

5. Meksiko

Banyak tempat di Meksiko, seperti Cancun, yang hotspot bagi wisatawan AS tapi masih menarik ekspatriat untuk bekerja. Sementara biaya hidup adalah salah satu yang termurah di dunia. 

6. Hungaria

Para ekspatriat mengatakan negara ini miliki biaya hidup murah dan keuangan pribadi yang memuaskan. 30 persen mengatakan mereka benar-benar puas dengan situasi keuangan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya