Menteri Basuki: Negara Pasti Hadir Dalam Pengelolaan Air

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 85/PUU-XI/2013, tentang pemberlakuan kembali Undang-undang Nomor 11 Tahun 1974 tentang Pengairan.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam rangka penyusunan Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) baru yang akan diajukan sebagai inisiatif DPR RI, pihaknya telah menyampaikan sejumlah masukan teknis kepada pihak parlemen.

"Poin-poin masukan tersebut pada dasarnya merupakan rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RUU Sumber Daya Air yang baru, yang menekankan kewajiban kehadiran negara dalam pengelolaannya demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu 8 Februari 2017.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Basuki menjelaskan, pihaknya telah menggarisbawahi pentingnya substansi UU SDA yang baru, guna lebih memperkuat kehadiran negara dalam pengelolaan SDA.

Diharapkan, regulasi yang nantinya akan dihasilkan benar-benar komprehensif, antisipatif, direktif, koordinatif dan partisipatif, sehingga mampu menjamin hak air bagi seluruh masyarakat Indonesia sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 ayat (2) dan ayat (3).

Sambungkan Jabar dan Jateng, Tol Getaci Telan Dana Rp56 Triliun

"Kementerian PUPR juga mendukung sepenuhnya inisiatif DPR untuk menyelesaikan RUU SDA, yang dilakukan secara partisipatif, transparan, dan akuntabel," ujarnya. (asp)

Pengguna jalan tol melintas di samping gardu tol yang melayani pengisian ulang e-Money Mandiri di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2017.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Tarif tol dalam kota akan naik sebesar Rp500 pada Sabtu 26 Februari 2022 pukul 00.00 WIB pada semua golongan kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022