Kementan Targetkan Ekspor Beras 100 Ribu Ton

Beras.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Kementerian Pertanian menargetkan dapat mengekspor beras minimal 100 ribu ton pada 2017. Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional, Mat Syukur, mengatakan, target tersebut diharapkan dapat dicapai dan tidak mengganggu pasokan untuk dalam negeri. 

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

"Tahun ini minimal, Insya Allah, 100 ribu ton, sesuai dengan keinginan Pak Menteri (menteri pertanian). Belum bisa diprediksi negara mana untuk pasar ekspor. Tapi dulu kita kan tidak pernah terpikir untuk kirim (ekspor) beras medium," ujar Syukur di kantor Bulog Divisi Regional Jakarta pada Selasa, 14 Februari 2017.

Kementan memperhitungkan bahwa Indonesia sudah mampu mengekspor pada 2017, karena diperkirakan pada tahun ini produksi beras surplus sekitar 45 juta ton. 

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Target produksi ada sekitar 78 juta ton, dan kebutuhan konsumsi beras dalam negeri hanya sekitar 33 juta ton. Sementara itu, pada awal 2017, stok beras di dalam negeri mencapai 1,7 juta ton.

Syukur menyatakan, selama ini masih banyak negara yang menawarkan berasnya kepada Indonesia. Namun, tawaran tersebut ditolak karena Indonesia kini telah mampu mencukupi kebutuhan dari dalam negeri, bahkan ditargetkan untuk bisa mengekspor.

6 Hikmah Dalam Menunaikan Zakat Fitrah Bagi Umat Islam

"Ini tidak ganggu dalam negeri, ini bagian program kita mencapai program lumbung pangan dunia," ucapnya. 

Jika target ekspor tersebut terlaksana, akan menjadi bukti stok beras yang dimiliki Indonesia telah mencukupi untuk kebutuhan di dalam negeri, bahkan surplus pada 2017. (art)

Panen raya di Kabupaten Purwakarta

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Panen raya di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat terus digencarkan memutus mata rantai darurat pangan jelang musim lebaran Idul Fitri 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024