2019, Seluruh Masyarakat Ditargetkan Masuk BPJS Kesehatan

Seorang petugas perlihatkan contoh kartu BPJS Kesehatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, atau BPJS Kesehatan menargetkan seluruh masyarakat Indonesia pada 2019, terdaftar di BPJS Kesehatan. 

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Kepala Departemen Manajemen Iuran BPJS Kesehatan, Yurita Yuliddin menargetkan, sektor ritel dan koperasi dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kepesertaan dari wiraswasta, atau masyarakat bukan pekerja, yang iurannya tidak dibayarkan oleh perusahaan. Per 31 Januari 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan mencapai 174,3 juta orang. 

"Kita targetkan 250 juta penduduk Indonesia, atau seluruh penduduk Indonesia terdaftar di 2019," ujar Yurita kepada VIVA.co.id, ditemui usai peluncuran launching Layanan Modern Channel BPJS Kesehatan, di Super Indo Duren Tiga, Pasar Minggu, Jakarta Rabu 22 Februari 2017. 

Transformasi Digital Dinilai Memuaskan, BPJS Kesehatan Dianugerahi Penghargaan Istimewa

Ia mengatakan, peningkatan masyarakat yang sudah mendaftar BPJS Kesehatan meningkat setiap bulannya. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah dengan mempermudah akses bagi masyarakat biasa untuk menjadi peserta melalui sosialisasi di toko ritel.

"Kalau kita dengan akses yang dibuka seluas-luasnya, saya yakin enggak ada kendala lagi. Kalau belum daftar, kan bisa diingatkan kasir, karena kalau kita persuasif dengan peserta akan lebih baik. Jadi, dengan kasir itu otomatis akan ada peningkatan," kata dia. 

Lewat Skrining Riwayat Kesehatan, Generasi Milenial ini Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

Untuk peningkatan jumlah peserta itu, pihak BPJS akan mempererat kerja sama dengan bank-bank pelat merah di Tanah Air.  "Kita kan punya mitra dari bank-bank BUMN, ada Mandiri, BRI, bank BUMN lainnya," tutur Yurita. (asp)

Operasi Katarak, Juling dan Implan Glaukoma di JEC Eye Hospitals Group

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Tanpa ada pembeda dengan pasien reguler, pasien peserta BPJS kesehatan akan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis mata profesional yang tentunya berpengalaman.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024