BRI Bagi Dividen Rp10,4 Triliun

RUPST BRI
Sumber :
  • Romys B/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memutuskan untuk membagikan dividen kepada para pemegang saham sebesar 40 persen dari total laba perseroan sepanjang 2016 sebesar Rp25,8 triliun. Artinya, besaran dividen tersebut setara dengan Rp10,47 triliun.

BRI Luncurkan BRILSP Menuju Transformasi Digital dan Culture

"Dividen senilai Rp428 per saham," kata Direktur Keuangan BRI, Haru Koesmahargyo di kantornya, Rabu, 15 Maret 2017.

Menurut Haru, porsi dividen tahun buku 2016 naik dari tahun sebelumnya yang sebesar 30 persen dari laba tahun buku 2015. Meski mengalami kenaikan, BRI meyakini jika modal yang dimiliki bank pelat merah ini masih akan mencukupi ekspansi bisnis hingga dua tahun ke depan.

Digelar Virtual, Pesta Rakyat Simpedes BRI 2020 Siapkan 19 Ribu Hadiah

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Utama BRI, Sunarso menambahkan, pembagian dividen telah memperhitungkan kecukupan modal perseroan. Dengan begitu, rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) BRI sebesar 21 persen.

"Meski dividen 40 persen, kecukupan modal kami kuat. CAR masih akan berkisar di atas 20 persen. Untuk ekspansi satu-dua tahun ke depan tanpa hitung ada laba ditahan lagi masih cukup. CAR BRI sangat memadai untuk ekspansi atau penuhi ketentuan minimal modal," tuturnya.

BRI Akui Dampak Krisis Ekonomi Akibat COVID-19 Sangat Berat

Selain itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan juga memutuskan untuk mengalokasikan laba ditahan Rp15,71 triliun. Adapun laba konsolidasi perseroan sepanjang 2016 sebesar Rp26,19 triliun.

Laba konsolidasi terdiri atas laba BRI beserta anak perusahaan. Saat ini, BRI memiliki lima anak perusahaan, yaitu BRI Agro, BRI Syariah, BRI Life, BRI Finance, dan BRI Remittance. Selain itu, pada RUPST disetujui perubahan anggaran dasar perseroan. (art)

Gedung BRI dI Jalan Sudirman, Jakarta.

Melalui Jaringan SWIFT MT101, BRI Perkuat Layanan Global Banking

Layangan BRI SWIFT MT101 adalah jaringan SWIFT yang dapat dinikmati perusahaan global non-finansial ataupun lembaga non-bank.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2021