Enam Negara Terbaik untuk Jadi Seorang Pengusaha

Kota Munich, Jerman
Sumber :
  • Businessinsider.com

VIVA.co.id – Satu negara di Eropa ini terus memuncaki peringkat global sebagai tempat terbaik untuk menjadi seorang enterpreneur atau pengusaha sukses. Selain itu, ada beberapa negara di setiap benua juga memuncaki peringkat tersebut.

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Dilansir dari laman Business Insider, pada Senin 3 April 2017, Universitas Wharton dan perusahan riset pasar Y&R menyusun sebuah indeks untuk mengevaluasi 80 negara dengan mencatat 95 persen dari hasil produk domestik brutonya.

Dari keseluruhan rangking tersebut mencatat berbagai faktor untuk menciptakan mana negara terbaik di dunia dalam menciptakan pengusaha. Seperti di dalamnya melihat kewirausahaan, warisan, kualitas hidup dan keterbukaan untuk bisnis.

Profil Putri Isnari, Pedangdut yang Dilamar Anak Pengusaha dengan Uang Panai Rp2 M

Dan untuk kewirausahaan, Business Insider mengambil analisis dari faktor-faktor seperti konektifitas, tingkat pendidikan, keterampilan tenaga kerja, transparansi dan infrastruktur.

Berikut adalah enam negara yang memuncaki peringkat:

Momen Haru Siraman dan Pengajian Putri Isnari: Persiapan Menuju Pelaminan

1. Jerman

Jerman sebagai negara yang memiliki infrastruktur terintergrasi sangat maju dan memiliki tenaga kerja terampil, serta memiliki akses mudah ke bank untuk modal pengusaha. Negara ini ada di posisi puncak selama empat kali berturut-turut.

2. Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki pendidikan terbaik dan berteknologi maju di dunia, sehingga sangat menarik bagi pengusaha. Jepang juga miliki skor penuh yaitu 10 untuk infrastruktur canggih.

3. Amerika Serikat

Amerika sudah lama dijuluki sebagai pusat terkemuka dalam inovasi dan aktivitas kewirausahaan, khususnya yang terkenal di dunia adalah Silicon Valley di California Utara. Lokasi itu juga dikenal sebagai rumah Facebook dan Google. Amerika Serikat miliki skor penuh 10 pada indeks untuk konektivitas dan kemudahan akses modal.

4. United Kingdom

Statistik OECD mencatat kenaikan 31 persen dalam kegiatan kewirausahaan Inggris antara 2007 dan 2016. Ini skor terbaik pada indeks infrastruktur, konektivitas, dan hukum yang kuat

5. Swiss

Negara kecil di Eropa tengah ini adalah salah satu negara terkaya di dunia, dan memiliki manfaat tenaga kerja yang terampil dan berpendidikan tinggi. Hal ini sangat menarik bagi pengusaha, dengan pajak rendah perusahaan, akses mudah ke modal, dan kerangka hukum yang berkembang dengan baik.

6. Swedia

Negara Skandinavia dengan peringkat teratas, terutama untuk transparansi praktiek bisnis dan untuk tenaga kerja yang berpendidikan tinggi. Ibu Kota Swedia, Stockholm, adalah sebuah tempat penghubung start-up terkemuka dunia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya