Jam Operasi Bandara-bandara Ini Ditambah Saat Musim Mudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus.

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan akan memperpanjang jam operasional beberapa bandara pada masa mudik Lebaran tahun ini. Hal tersebut dilakukan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan terjadi pada masa itu. 

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan, saat berlangsungnya arus mudik Lebaran 2017 yang akan datang, Bandara Soekarno Hatta diperkirakan terjadi kenaikan arus penerbangan hingga 30 persen dibandingkan hari biasanya. Sedangkan untuk angkutan kereta api, diperkirakan terjadi kenaikan hingga 9-10 persen dibandingkan hari biasanya.

"Bandara Soetta, serta sejumlah bandara lainnya akan dilakukan penambahan jam operasional. Penambahan itu untuk mengurangi beban dan tekanan meningkatnya arus penumpang dan arus penerbangan," ujar Budi, dikutip dari keterangan resminya, Kamis 19 April 2017. 

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Menurutnya, penambahan jam operasional juga akan dilakukan di Bandara Adisutjipto, Bandara Adisoemarmo, Bandara Ahmad Yani ,dan Bandara Juanda. Dengan penambahan jam operasional tersebut, jam operasional bandara sampai pukul 24.00 WIB. Sebelumnya, jam operasional berakhir pada pukul 22.00 WIB.

“Untuk Bandara Adisutjipto, saya sudah minta kepada GM Angkasa Pura I Adisutjipto untuk segera menindaklanjuti kesepakatan dengan KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara), agar operating hour ditambah dua jam,” katanya.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Di bandara Yogyakarta, diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pesawat hingga sembilan persen. Hal tersebut disampaikannya, saat berkunjung di Yogyakarta. 

Sementara itu, untuk membantu mengurangi kepadatan, juga akan dioperasikan kapal roro (roll on roll out) yang dilengkapi pintu rampa, sehingga dapat mengangkut penumpang orang dan barang, termasuk truk dan kendaraan besar lainnya.

“Kereta api akan tambah empat kereta baru yang mulai operasional Mei mendatang,” katanya. 

Budi menambahkan, kenaikan angkutan darat maupun laut diperkirakan mencapai 5-6 persen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya