Citilink Halim-Solo Tetap Terbang Setelah Ada 'Suara Aneh'

Pesawat Citilink A320 Neo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Ratusan penumpang maskapai Citilink rute Jakarta-Solo yang naik dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, 27 April 2017 mendengar suara yang aneh dari pesawat saat berada di dalam burung besi tersebut. Akibat kejadian itu, penumpang yang sudah bergegas masuk ke pesawat sejak pukul 09.00 WIB terpaksa diturunkan.

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

"Memang sempat diturunkan penumpangnya, karena ada sedikit masalah teknis. Setelah mendapat laporan, teknisi kami segera mengecek. Tidak ada masalah besar, semua sudah bisa diatasi," kata pejabat Corporate Communication Citilink Indonesia, Ageng W Leksono, saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 27 April 2017.

Penumpang Citilink di ruang tunggu bandara Halim.

Citilink Lakukan Ekspansi Bisnis di Pulau Dewata

Sebelumnya, seorang penumpang Citilink, Darsih, menceritakan kronologi peristiwa tersebut. Awalnya, saat seluruh penumpang sudah berada di dalam pesawat dengan nomor penerbangan QG164 itu heran lantaran belum ada tanda-tanda pesawat akan diterbangkan sesuai jadwal pukul 09.55. Tak lama menunggu, seluruh penumpang mendengar suara krek sangat keras yang diduga berasal dari bagian bawah pesawat.

"Setelah itu, pilot melalui pengeras suara mengumumkan pesawat tidak jadi diterbangkan lantaran adanya gangguan di bagian mesin atau listrik," kata Darsih saat dihubungi VIVA.co.id. Darsih dan penumpang lainnya pun panik ketakutan, akhirnya semua diminta untuk turun dari pesawat dan mengarah ke ruang tunggu. Banyak dari penumpang pun mengeluh soal peristiwa ini.

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

Agen menambahkan, sekitar pukul 11.13 penumpang sudah diminta kembali masuk ke dalam pesawat. "Karena pesawat sudah tidak ada masalah, tadi penumpang sudah diminta untuk kembali masuk ke pesawat, dan sudah diterbangkan sekitar pukul 11.40 WIB," ujarnya. (ren)

Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, Faik Fahmi, mencurahkan isi hatinya soal beragam masalah serta berbagai tantangan industri aviasi saat ini.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024