Mau Jadi Eksportir? Cek Produk Indonesia Paling Laris Ini

Ilustrasi kain batik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA.co.id – Bisnis berorientasi ekspor memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Namun, untuk sukses di bidang ekspor tidak mudah. Tidak cukup hanya memiliki modal, apalagi jika Anda tidak memiliki produk yang benar-benar dibutuhkan masyarakat di negara tujuan Anda. 

Mobil China Kian Mendominasi di Rusia

Nah, bila Anda baru ingin memulai bisnis yang berorientasi ekspor, setidaknya harus pahami dahulu apa saja produk dalam negeri yang paling diminati oleh pasar luar negeri. Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari CekAja.com, pada Kamis 4 Mei 2017.

1. Batik

Perluas Pasar Ekspor, Bea Cukai Asistensi Tiga UMKM Ini

Tidak hanya diminati oleh pasar dalam negeri, batik Indonesia juga sangat digemari oleh konsumen luar negeri. Potensi ekspor batik bisa terlihat dengan mudah dari data yang dirilis Kementerian Perindustrian RI pada tahun 2015. Saat itu ekspor batik Indonesia ke luar negeri mencapai Rp41 triliun. 

Bahkan, jumlah tersebut lebih tinggi 6,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Nah, bila Anda tertarik mencicipi gurihnya keuntungan dari bisnis ekspor, berjualan batik dengan orientasi pasar luar negeri patut dicoba.

5 Negara Dengan Surplus Perdagangan Tertinggi di Dunia

2. Perhiasan etnik

Pasar luar negeri juga sangat menyukai perhiasan asal Indonesia. Namun, bukan sembarang perhiasan melainkan perhiasan dengan motif etnik. Bila Anda ingin berbisnis perhiasan, ada saran agar konsumen Anda di luar negeri semakin tertarik.

Pertama, Anda harus memiliki cerita di setiap motif perhiasan yang Anda produksi. Misalnya, motif A bercerita atau terinspirasi dari penari bali atau motif B sebenarnya terinspirasi dari kehidupan para petani dari Jawa Tengah. Hal-hal seperti ini sangat disukai pembeli dari Amerika Serikat ataupun Eropa.

3. Kerajinan

Meski skala bisnisnya tak sebesar batik, kerajinan Indonesia juga memiliki pasar setia di luar negeri. Hal itu terlihat dari nilai ekspor kerajinan Indonesia sepanjang tahun 2016 yang menembus angka Rp8,19 triliun. Hal ini juga mengisyaratkan bahwa penetrasi produk kerajinan Indonesia ke luar negeri belum maksimal. 

Nah, bila Anda tertarik berbisnis kerajinan, salah satu trik yang bisa mempermudah brand Anda tembus ke luar negeri adalah dengan rajin mengikuti pameran berskala internasional. Semakin Anda rajin untuk ikut pameran tersebut, semakin banyak kesempatan bagi Anda untuk bertemu konsumen atau bahkan penjual yang bersedia memasarkan produk Anda di negaranya.

4. Makanan

Produk satu ini sebenarnya primadona yang belum digarap secara maksimal. Produk makanan Indonesia sebenarnya cukup diminati di luar negeri. Salah satu negara yang sudah mengenal produk makanan dan minuman asal Indonesia adalah Korea Selatan. 

Namun, jumlah ekspor makanan dan minuman ke Korsel masih sangat kecil. Bahkan jika dibandingkan dengan total ekspor non migas ke Korsel senilai Rp143 triliun pada tahun 2015, jumlah ekspor makanan dan minuman hanya sebesar 1,76 persen. Bila Anda tertarik memulai bisnis kuliner, tidak ada salahnya melirik pasar yang ada di luar negeri.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya