Cari Cadangan Minyak, Pertamina EP Survei Seismik di Papua

Para staf Pertamina EP di sumur eksplorasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – PT Pertamina EP – anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang bergerak di sektor eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi – kembali melakukan survei seismik di Klamossa Papua untuk mencari sumber cadangan minyak dan gas bumi.
 
Pelaksana Tugas Harian Presiden Direktur Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf, mengatakan dengan survei tersebut pihaknya akan me-review hasilnya apakah potensinya sesuai dengan target yang diharapkan perseroan.

Ketika Batik Kubedistik Binaan Pertamina EP Tarakan Kebanjiran Pesanan

Menurut dia, kegiatan seismik Klamassosa dengan total luasan 500 kilometer persegi dikerjakan secara multiyears. Tahun ini, Pertamina EP menargetkan total luasan seismik 200 km persegi dan sisanya 300 km persegi pada 2018.
 
"Kegiatan seismik di Papua bukan yang pertama kali dilakukan. Pertamina EP juga pernah melakukan survei seismik 2D di Kabupaten Bintuni-Kabupaten Sorong Selatan pada 2016," kata Nanang, Jumat 19 Mei 2017. 

Ia menuturkan, pada 2016, kegiatan seismik Pertamina EP melampaui target, untuk 2D mencapai 100 persen seluas 953 km dan seismik 3D-nya mencapai 128 persen, yaitu 1.008 km persegi.
 
"Dan untuk survei seismik 3D kali ini yang juga dilakukan di Bumi Cendrawasih demi memenuhi target seismik Pertamina EP 2017, yaitu seismik 2D target sepanjang 883 km dan 3D seluas 621 km persegi,” katanya.

Cara Pertamina EP Tanjung Field Bantu Hasilkan Cuan Warga Satu Desa

Sementara itu, Pejabat Sementara Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku, Anggaraita Putra, mengungkapkan kegiatan survei seismik Klamassosa melintasi sembilan distrik di Kabupaten Sorong dan membutuhkan waktu selama 18 bulan. 

"Ini merupakan harapan baru bagi industri hulu migas untuk menemukan potensi cadangan baru di Kawasan Timur Indonesia,” ujar Anggraita.

Pertamina: Progres Proyek Jambaran Tiung Biru Capai 94 Persen

Perlu diketahui, pekerjaan survei seismik kali ini mempekerjakan sekitar 2.000 orang warga lokal dan berkoordinasi kepala distrik dan kepala marga. Pertamina EP berharap kegiatan ini berikan efek berganda terhadap daerah dan masyarakat. (ren)

Inagurasi Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning.

Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning Resmi Beroperasi

Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning akan menambah produksi gas sebesar 3,5 MMSCFD dan akan dialirkan langsung kepada Pertagas Niaga.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2021