Oktober, Tol Tangerang-Merak Tak Terima Transaksi Tunai

Ilustrasi pintu tol Senayan.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Pada Oktober 2017, ruas jalan tol Tangerang-Merak sudah tak lagi menerima pembayaran menggunakan uang tunai. Ruas tol itu akan menerapkan transaksi non tunai dengan fasilitas e-money ataupun e-toll Card.

Macet Parah 30 KM di Jalur Pantura Rembang-Pati, Polisi Sampai Bagikan Makanan ke Sopir!

Manajer Teknik dan Operasional PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku operator Tol Tangerang-Merak, Sunarto Sastrowiyoto, mengatakan, banyak manfaat yang bisa dirasakan dari sistem pembayaran ini. 

"Dengan sistem cashless, selain menghemat waktu transaksi, juga mencegah risiko adanya fraud, kesalahan dalam pengembalian uang tol, mencegah peredaran uang palsu, keamanan waktu pengumpulan uang tunai dan cash handling," kata Sunarto, Kamis 8 Juni 2017. 

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

Seperti diketahui, penerapan Multi Lane Free Flow, atau MLFF, yaitu proses pembayaran tol tanpa berhenti di gerbang tol, terus dikembangkan pemerintah. 

Kerja sama pemerintah dan Bank Indonesia pun dilakukan untuk memastikan penerapan MLFF bisa secepatnya terealisasi. 

Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

Untuk tahap pertama, baik pemerintah maupun BI berkomitmen bahwa elektronifikasi seluruh jalan tol akan dilakukan pada Oktober mendatang. Artinya, mulai saat itu pembayaran tol tidak lagi menggunakan tunai, tetapi uang elektronik.

Peluncuran Mandiri Contactless Solution

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

Bank Mandiri secara konsisten terus meningkatkan pemanfaatan transaksi non-tunai untuk mendorong efisiensi dan kenyamanan layanan digital nasabah.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023