'Repotnya' Pemudik demi Satu Tiket Gratis

Mudik Gratis Alfamart di TMII, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Peserta mudik gratis Alfamart dan P&G tujuan Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang diberangkatkan menggunakan moda transportasi bus dari lapangan Theater Imax Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin, menuturkan, ada sebanyak 2.160 tiket mudik bagi pengguna kartu member PONTA Alfamart yang diberikan, khususnya di wilayah Jabodetabek. 

"Kami menyediakan total 150 tiket pesawat dan 2.160 tiket bus untuk sekali keberangkatan," ujar Solihin dalam acara pelepasan mudik member Alfamart di TMII, Jakarta, Kamis 22 Juni 2017.  

Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Gunakan Kereta, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini ke Pemudik

Solihin menjelaskan, program yang dibuka per 16 April 2017 itu, pemilik kartu PONTA cukup melakukan pembelanjaan produk-produk P&G senilai Rp150 ribu untuk memperoleh dua tiket bus dan Rp300 ribu guna satu tiket pesawat. 

"Konsumen cukup mendaftarkan diri via sms dengan mencantumkan nomor transaksi dan kode struk hasil pembelanjaan produk P&G atau mendaftar langsung via website resmi perusahaan di www.alfamartku.com," kata dia.

Pemprov Kalteng Kolaborasi Berangkatkan Ratusan Pemudik Secara Gratis

Sementara itu, salah seorang peserta mudik, Tarmi (40), mengatakan, beberapa temannya yang ingin mudik cukup kesulitan mendaftarkan diri sebagai peserta. Terutama para pedagang yang level pendidikannya tidak setinggi dirinya. 

"Saya sering bantu teman-teman dagang saya di Bintaro yang mau daftar. Ada yang enggak bisa ketik kode SMS, misalnya kan angkanya 35bf, nah b itu dikira angka 8," ujar Tarmi kepada VIVA.co.id di lokasi. 

Ia menuturkan, teman-temannya itu berkali-kali membeli produk Alfamart, lantaran gagal melakukan pendaftaran. Namun, pada akhirnya, semua rekannya yang mendaftar tetap berhasil memperoleh tiket mudik gratis setelah melalui perjuangan yang cukup “merepotkan”. 

"Dia kan Rp150 bisa dapat tiket, karena di ekor struknya ada kode. Ini teman saya ada yang belanja sampai tiga kali," tuturnya antusias.

Namun, kata dia, di situ letak keseruan dari pendaftaran di ajang mudik gratis ini. Tarmi bersyukur bisa menghemat pengeluaran tiket. Bahkan, Tarmi mengaku bisa memberikan THR "lebih" kepada sanak saudaranya di kota Solo. 

"Ini yang ikut ada orang tua, keponakan. Alhamdulillah, dengan mudik gratis ini, THR bisa lebih banyak dong buat cucu," tutur Tarmi yang sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang ini. 

Tim jelajah mudik 2017 VIVA.co.id sempat menyusuri jalur Tol Trans Jawa jelang arus mudik berlangsung. Salah satu titik penting adalah rest area (tempat peristirahatan).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya