Lebaran, Distribusi Premium Turun dan Pertalite Melonjak

BBM jenis Pertalite.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan bahwa pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) saat Lebaran berjalan dengan aman.

Harga Pertalite di Kota Sorong Papua Tembus Rp30.000 Perliter

Terjadi peningkatan pendistribusian untuk BBM jenis Pertalite dan Pertamax. Sedangkan pendistribusian Premium dan Solar tercatat turun.

Anggota Komite BPH Migas, Hari Pratoyo, menyebut pendistribusian premium mengalami penurunan sebesar 47 persen pada Lebaran tahun ini.

Menteri ESDM Resmikan 17 Titik BBM Satu Harga, Ini Lokasinya

Sementara, untuk Pertalite justru melonjak 210 persen dan Pertamax meningkat 29 persen. Data tersebut, kata Hari, diambil oleh Posko Nasional ESDM saat saat arus mudik lebaran yang diselenggarakan sejak 10 Juni-2 Juli 2017.

"Dalam pelaksanaan penyaluran BBM di beberapa titik jalur Pantura dan jalan tol selama Lebaran sempat terkendala oleh kepadatan kendaraan yang masuk rest area," katanya di Jakarta, Senin 3 Juli 2017.

Kata BPH Migas Soal Nasib Proyek Pipa Gas Bumi Cirebon-Semarang

Berdasarkan data lengkap Pertamina selama satgas BBM lebaran tahun ini, rata-rata penyaluran premium dicatat hanya turun sebesar 45,81 persen dibanding tahun lalu, yakni dari 65.272 kiloliter (KL) menjadi 35.373 KL.

Adapun peningkatan Pertalite saat satgas BBM Lebaran Pertamina, tercatat naik 113,79 persen menjadi 44.625 dari rata-rata tahun lalu yang sebesar 20.873. Lalu, Pertamax tercatat naik 33,64 persen. (ase)

Proses distribusi BBM satu harga

Pertamina Resmikan 9 Titik Penyalur BBM 1 Harga di Papua dan Maluku

Di Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat terdapat 18 titik BBM satu harga Pertamina yang telah diresmikan dan beroperasi pada tahun 2021.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2021