Pelajar Akan Penuhi Arus Balik Pesawat Sepekan ke Depan

Kepadatan di Bandara Soekarno Hatta Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Maulida

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan memperkirakan traffic atau pergerakan penerbangan dalam satu pekan ke depan masih tinggi dibanding hari-hari biasa. Kondisi ini lantaran banyaknya pemudik yang belum melakukan arus balik dengan pesawat udara, khususnya siswa sekolah. 

Usai Libur 17 Agustus, Arus Balik di Tol Jakarta Cikampek Ramai Lancar

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan seluruh jajarannya dan stakeholder penerbangan untuk terus siaga, meski posko angkutan Lebaran terpadu 2017 telah selesai.

"Kalau sekarang kan pola arus baliknya kan beda. Tadinya kan seminggu pertama adalah yang kerja. Kalau seminggu kedua ini ada anak sekolah," kata Agus di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa 4 Juli 2017.

422 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta di H+6 Lebaran

Ia menjelaskan, untuk sepekan ke depan penumpang pesawat udara masih di atas rata-rata normal penumpang. Penambahan penerbangan masih dibuka bagi sejumlah maskapai.

"Lima hari ini flat (sampai Jumat), weekend akan naik lagi, dan ini kami usahakan bisa maintain dengan pesawat yang ada," ujarnya. 

Cara yang Dilakukan Polda Jatim Cegah Warga Balik ke Jakarta

Ia pun menambahkan, pertumbuhan penumpang pesawat udara pada tahun ini di luar prediksi awal Kemenhub yang sebesar 9,8 persen pada H-7 dan H+7. Namun, realisasi saat ini disebut sudah mencapai 12,99 persen. 

"Tahun terakhir kan hanya 12,25 persen. Kami berpikir itu akan naik turun, tapi ternyata naik terus. Sekarang sudah 12,99 persen,” ujarnya. 

“Ini menandakan ability to pay atau daya beli masyarakat Indonesia itu naik. Ini salah satu indikasi bahwa ekonomi rakyat Indonesia secara umum itu sudah naik," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya