Cara Pilih Pekerjaan Sampingan yang Tepat

Ilustrasi pria berbisnis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bekerja sebagai freelancer, atau pekerja lepas, kini semakin diminati anak muda. Ada banyak alasan yang melatar belakangi, seperti menghindari lalu-lintas yang macet di kota besar, menghindari rutinitas kerja kantoran, sekaligus mendapatkan penghasilan yang menarik. 

Berawal dari Dropship, Gamer Ini Punya Rental Mobil dan Beberapa Vila Miliaran di Bali

Semakin tingginya kebutuhan dunia bisnis, juga memaksa perorangan hingga perusahaan besar menggunakan jasa freelancer, misalnya untuk menulis konten, membangun website hingga membuat profil perusahaan.

Anda tertarik menjadi seorang pekerja lepas? Berikut ini panduan yang dikutip dari CekAja.com yang bisa memudahkan rencana Anda tersebut.

Dari Kurir Paket Kini Jadi Influencer, Pria Ini Sukses Bisnis Laundry dan Jasa Pembuatan Website

1. Kumpulkan portofolio dan buat CV

Langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah portofolio. Di sin,i termuat contoh pekerjaan dan rekam jejak Anda. Jika punya prestasi yang menonjol, sertakan juga pada portofolio Anda. 

Anak Muda Ini Dulu Kuli, Sekarang Sukses Jadi Pengusaha Digital

Portofolio yang baik akan memengaruhi kesuksesan Anda menjadi freelancer. Disarankan, agar Anda memuat hasil kerja yang paling baik.. 

Setelah portofolio dikumpulkan, kini saatnya membuat CV. Buatlah CV semenarik mungkin dan berkaitan dengan bidang Anda. Misalnya, jika Anda adalah seorang desainer, CV yang dibuat haruslah mampu menunjukkan minat dan keahlian Anda. Tentu, CV yang dibuat beda jika keahlian dan minat Anda adalah penulis konten.

2. Unduh CV di website khusus freelancer

Tahukah Anda, saat ini, situs lowongan pekerjaan tidak hanya mengiklankan lowongan kerja penuh waktu. Saat ini, sudah ada situs khusus yang mendedikasikan website untuk mengumumkan lowongan kerja khusus paruh waktu. Coba muat CV Anda di website-website tersebut. Agar promosi makin gencar, umumkan jasa Anda di sosial media yang Anda punya. 

3. Tentukan tarif

Freelancer kerap kesulitan dalam menentukan tarif. Bahkan, Ada beberapa freelancer yang tidak memasang tarif sama sekali, alias menggratiskan jasanya. Untuk menentukan tarif sebenarnya mudah. 

Ada beberapa komponen yang harus dihitung misalnya jika Anda seorang blogger, hitung ongkos yang dibutuhkan untuk membuat suatu laporan seperti biaya transportasi, makan, penggunaan alat seperti kamera dan lain sebagainya. 

Bila Anda masih tergolong baru dan belum punya jam terbang tinggi, pastikan juga nilai yang Anda tetapkan tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar.  
 
4. Kembangkan relasi

Mengembangkan relasi, merupakan hal penting bagi Anda yang ingin sukses sebagai pekerja paruh waktu. Agar mendapatkan banyak pekerjaan, Anda pun harus memperluas relasi Anda. 

Memperluas relasi bisa melalui teman, atau kerabat yang pernah bekerja sama, atau terlibat dalam komunitas tertentu. Anda juga bisa mengikuti komunitas pekerja sampingan baik secara online maupun offline. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya