Jurus RI Salip Kemudahan Usaha di Vietnam

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah terus berupaya mempermudah berbagai macam regulasi yang selama ini menghambat investasi. Upaya tersebut dilakukan, demi menaikkan peringkat kemudahan berinvestasi (EODB) nasional, yang saat ini sudah tertinggal dari negara lain.

Ini Program Bantuan Sosial yang Gantikan Subsidi Gaji Pekerja

Berdasarkan hasil survei Bank Dunia beberapa waktu yang lalu, peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia pada 2016 berhasil berada di peringkat 91, atau menanjak 15 peringkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, Indonesia hanya bertengger di posisi 106.

“Kami berusaha melakukan yang terbaik. Paling tidak, sama seperti tahun lalu. Kami mau melewati Vietnam (82) yang sudah jauh,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Jakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Pemerintah Minta Askrindo Hati-hati Jamin Kredit Bank di Masa Pandemi

Darmin mengaku optimistis, rencana pemerintah menerbitkan paket kebijakan XVI mengenai kebijakan logistik mampu membantu meningkatkan peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia. Rencananya, paket tersebut akan diterbitkan bulan depan.

“Akan diterbitkan mudah-mudahan tiga minggu dari sekarang. Mudah-mudahan kita bisa melakukan perombakan besar, agar pelaksanaan investasi bisa jauh lebih cepat,” katanya menambahkan.

Erick Thohir Tunjuk Darmin Nasution Jadi Komut Pupuk Indonesia

Sebagai informasi, paket kebijakan yang akan diterbitkan akan fokus pada pengurangan biaya logistik, dengan mempermudah berbagai regulasi yang selama ini menghambat. Hal ini diharapkan, bisa mempermudah pengusaha logistik dalam kegiatan usahanya.

“Jadi, dalam satu paket, regulasi di Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, dan lain-lain yang berkaitan dengan logistik akan dioptimalkan untuk memperlancar proses logistik,” kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Lukita Dinarsyah Tuwo. (mus)

Anindya Bakrie Bertemu dengan Menko Perekonomian Airlangga

Menko Airlangga Tegaskan Komitmen RI Genjot Ekonomi Hijau

Menko Airlangga menegaskan komitmen itu di depan Pangeran Charles yang merupakan Putra Mahkota Kerajaan Inggris.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2021