Fitch Pertahankan Peringkat Layak Investasi RI

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo (tengah).
Sumber :
  • Chandra GA/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings (Fitch) kembali mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi atau Investment Grade pada 20 Juli 2017. Keputusan ini sejalan dengan membaiknya sejumlah indikator perekonomian nasional.

Fitch Ratings Tetapkan Peringkat Utang Indonesia Stabil, Begini Respons Kemenkeu

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menegaskan, afirmasi rating ini sekaligus menjadi faktor tambahan bagi Indonesia, dalam menjaga keyakinan investor dan pemangku kepentingan lainnya. Hal ini perlu dijadikan momentum menjaga pertumbuhan ekonomi.

"BI akan terus mendukung dan berkontribusi dalam agenda reformasi nasional untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan inklusif," kata Agus, dikutip melalui keterangan resmi, Jakarta, Kamis 20 Juli 2017.

Fitch Rating Pertahankan Peringkat Utang RI, BI Ungkap Pertimbangannya

Beberapa faktor kunci yang mendukung Fitch Rating memberikan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Indonesia pada level BBB-/positive outlook diantaranya adalah beban utang pemerintah yang rendah, sampai dengan prospek pertumbuhan ekonomi nasional yang terus membaik. 

Fitch pun mencatat dua hal yang menjadi perhatian utama, yakni sektor eksternal yang masih perlu diperkuat dan faktor struktural perihal tata kelola dan lingkungan bisnis yang masih perlu ditingkatkan.

Pefindo Kasih Peringkat Tertinggi Kinerja Keuangan BTN, Dirut: Ini Catatan Sejarah

Lembaga pemeringkat internasional itu pun mengapresiasi kredibilitas perubahan asumsi pertumbuhan ekonomi 2017, serta dorongan reformasi struktural yang kuat sehingga mampu secara bertahap memperbaiki iklim usaha.

Fitch Ratings.

Fitch Pertahankan Pringkat RI di Level BBB, Bos BI: Stabilitas Makroekonomi Terjaga

Fitch Pertahankan Pringkat RI di Level BBB, Bos BI: Stabilitas Makroekonomi Terjaga

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024