Tips Jitu Pilih Asuransi Kendaraan

Ilustrasi asuransi.
Sumber :

VIVA.co.id – Kendaraan, entah itu mobil atau sepeda motor, adalah aset bergerak yang paling rawan terhadap risiko, baik kecelakaan maupun kehilangan. Untuk membeli sebuah kendaraan, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. 

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Mengingat harga kendaraan relatif mahal bagi sebagian besar orang, setelah kita memilikinya perlu melakukan semua perawatan dengan baik untuk memastikan kondisi mobil tetap terjaga. Termasuk di dalamnya melakukan proteksi terhadap risiko dengan produk asuransi kendaraan. 

Kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kejadian-kejadian yang membuat mobil rusak akan menghilangkan salah satu aset yang kita miliki. Asuransi mobil sendiri sering menjadi produk andalan yang saat ini makin banyak dipromosikan perusahaan-perusahaan asuransi. Persaingan di industri ini membuat kita harus memerhatikan beberapa hal dalam memilih asuransi yang cocok untuk kendaraan. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Berikut ini panduan dari Cermati.com untuk memilih asuransi kendaraan yang tepat yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

1. Bagaimana reliabilitas atau keandalan perusahaan asuransi?

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Reliabilitas atau keandalan perusahaan asuransi menunjukkan konsistensi perusahaan dalam memberikan layanan sesuai dengan kontrak yang tertera dalam polis. Hal ini bisa jadi pertimbangan pertama karena sangat mendasar dalam memilih produk asuransi. 

Perusahaan asuransi yang punya reputasi dan sudah ahli dalam bidang ini memiliki konsentrasi di bidang ini dalam hal:

- Kemudahan proses administrasi pendaftaran polis.
- Memberikan pemahaman yang baik terhadap nasabah atas produk yang ditawarkan.
- Menjaga dan memiliki reputasi yang baik dalam menyelesaikan klaim.
- Konsisten dalam menjaga  waktu yang dibutuhkan perusahaan asuransi dalam memproses klaim dan waktu pembayaran.

Hal itu yang menjadi pertimbangan mendasar dalam memilih produk asuransi. Cara ceknya juga mudah yaitu dengan melihat testimoni, perbandingan produk, dan data perusahaan yang bisa didapatkan dengan mudah di internet.

2. Bandingkan keluhan yang ada dengan testimoni pelanggan

Sebelum memilih asuransi kendaraan, jangan lupa untuk memerhatikan rasio pengaduannya. Hal ini bisa dengan mudah dicek apalagi pada era digital saat ini. Lakukan hal berikut ini:

- Cek perbandingan jumlah keluhan yang diterima dengan komplain yang diselesaikan perusahaan. 
- Jika rasio keluhan yang diterima lebih besar daripada keluhan yang diselesaikan, itu berarti perusahaan asuransi tersebut tidak bisa diandalkan begitupun sebaliknya.

3. Masukan dari dealer bisa jadi pertimbangan

Dealer bisa jadi partner yang baik bagi kita dalam memilih produk asuransi. Biasanya mereka melakukan banyak kerja sama dengan perusahaan asuransi sehingga pengalaman mereka dalam merekomendasikan produk juga baik. 

Anda bisa meminta rekomendasi dealer kendaraan sebagai bahan pertimbangan. Jika beberapa dealer memberikan informasi positif terhadap suatu perusahaan asuransi, itu artinya perusahaan itu dapat dipercaya.

4. Pilih jenis polis asuransi sesuai dengan kebutuhan

Dalam memilih produk asuransi, yang perlu diingat adalah jenis polis yang ditawarkan perusahaan asuransi. Ini penting supaya:

- Anda mendapatkan proteksi maksimal sesuai dengan kebutuhan.
- Anda bisa mudah menyesuaikan dengan anggaran.

Anda perlu memutuskan polis mana yang dibutuhkan dan apakah perusahaan tersebut menyediakan polis yang Anda inginkan.

5. Pertimbangkan biaya asuransi, jangan sampai memberatkan

Dalam memilih produk asuransi, prinsipnya jangan sampai besarnya premi memberatkan anggaran Anda. Ada banyak pilihan, misalnya jenis asuransi All Risk atau Total Lost Only (TLO), yang bisa disesuaikan besaran biaya preminya dengan anggaran Anda. 

Sesuaikan juga dengan prediksi besarnya risiko yang dihadapi sehari-hari dan jangan sampai biaya yang dikeluarkan memberatkan keuangan Anda.

Pilihlah dengan cermat

Memiliki aset bergerak dengan nilai mahal tentu harus dijaga dengan maksimal. Asuransi kendaraan menjadi pilihan rasional untuk proteksi aset. Jika Anda cermat dalam memilih produk, sejatinya ada banyak tawaran polis yang bisa dijadikan alternatif pilihan sesuai dengan kebutuhan. 

Pertimbangkan risiko kendaraan Anda, besarnya premi, dan reputasi perusahaan asuransi yang akan dipilih. Ulasan di atas bisa jadi tambahan pengetahuan bagaimana memilih produk dari perusahaan asuransi yang terbaik bagi Anda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya