Dua Bank Swasta RI Lirik Garap LRT Jabodebek

Penjaminan Proyek LRT
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, ada dua perbankan swasta yang menyatakan minat membiayai proyek Light Rail Transit rute Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi. Kebutuhan proyek ini, diperkirakan mencapai Rp27,5 triliun.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

“Kalau tidak salah, BCA (Bank Central Asia) sudah mau. Satu lagi, bank (CIMB) Niaga,” kata Budi, saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin 31 Juli 2017.

Total seluruh dana yang dibutuhkan PT Kereta Api Indonesia menggarap proyek strategis tersebut mencapai Rp27 triliun, di mana Rp23 triliun untuk pembangunan prasarana, dan Rp4 triliun untuk sarana LRT Jabodebek. Sementara itu, sisa pendanaan akan diperoleh dari sindikasi pinjaman perbankan.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu mengakui, dengan menggandeng pihak swasta, maka tiket LRT nantinya bisa semakin efisien. Saat ini, harga tiket LRT Jabodebek diperkirakan mencapai Rp12 ribu per orang, dengan adanya subsidi pemerintah.

“Tapi bisa saja turun, apabila jumlah penumpang naik. Jadi, subsidi akan hilang, apabila itu bisa dilakukan,” katanya.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Kartiko Wirjoatmodjo menegaskan, kedua bank yang berminat untuk membiayai proyek LRT Jabodebek belum resmi bergabung dalam konsorsium pembangunan proyek. Saat ini, baru ada tiga bank pelat merah yang berencana membiayai proyek tersebut.

“Jadi, baru BNI (Bank Negara Indonesia), BRI (Bank Rakyat Indonesia), dan Mandiri,” ujarnya. (asp)

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022