Jonan Copot Dirjen Migas

Menteri ESDM, Ignasius Jonan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan merombak jajaran eselon I Kementerian ESDM sore ini, Rabu 2 Agustus 2017.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Jonan merotasi posisi IGN Wiratmaja Puja dari Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BPSDM.

Pria yang akrab disapa Wirat ini digantikan oleh Ego Syahrial yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Geologi ESDM. Selain itu, Jonan juga mengganti Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Sujatmiko dengan Dadan Kusdiana. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Dadan sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Sedangkan, Sujatmiko kini menjabat sebagai Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian ESDM.

"Sebelum mengambil sumpah, saya mau bertanya apakah saudara siap?" ujar Jonan kepada peserta saat acara pelantikan di Ruang Sarulla, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017.

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

Jonan pun berpesan bahwa untuk para pejabat yang dipromosikan atau dirotasi agar terus memperbaiki cara berpikirnya. Ia mengatakan, ketika seseorang menjadi pemimpin hendaknya dia harus memikirkan anak buahnya lebih dari pada diri sendiri.

"Kelemahan aparatur negara pada umumnya kalau sudah punya anak buah lebih memikirkan diri sendiri daripada anak buahnya. Jadi saya minta yang mendapat promosi berubah, Kalau misalnya sudah sampai punya anak buah mikirin anak buah. Kalau mikirin diri sendiri kirim surat ke saya untuk jadi fungsional." kata Jonan.

Jonan pun berpesan kepada Wiratmaja untuk dapat mengelola BPSDM dengan lebih baik. Dalam 10 bulan ini menurut Jonan, Wirat sudah memberikan banyak perubahan di sektor Migas.

"Untuk Pak Wirat yang di rotasi, dalam 10 bulan ini sudah menerapkan banyak perubahan bukan hanya regulasi tapi tata kelola. Ke depannya saya minta Pak Wirat BPSDM dikelola baik. STEM (Sekolah Tinggi Energi Mineral) dan Akamigas itu digabung jadi satu." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya