Nasib 120 Penumpang Lion Air yang Telantar di Tarakan

Pesawat Lion Air.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id – Seratus lebih penumpang maskapai penerbangan Lion Air pagi tadi memblokir costumer service maskapai tersebut di Bandara Internasional Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara. Mereka menggeruduk karena ditinggal pesawat yang bakal dinaiki. 

Peluncuran Rudal Balistik India di Teluk Benggala 'Paksa' Lion Air Mendarat di Kualanamu

Setidaknya ada 120 penumpang yang melakukan pemblokiran tersebut. Para penumpang seharusnya ikut pesawat dengan nomor penerbangan JT 673 tujuan Tarakan-Balikpapan-Cengkareng yang rencananya berangkat pada pukul 06.00 WIT. 

Insiden tersebut terjadi karena terjadi gangguan pada sistem komputerisasi Lion pada bandara tersebut, yang mengakibatkan check in dilakukan secara manual. Akibat hal tersebut, hanya 86 penumpang yang terbang, sedangkan sekitar 120 lainnya telantar di bandara itu. 

Viral! Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai, Ini Penjelasan Manajemen

"Dikarenakan adanya gangguan di sistem mengakibatkan koordinasi antara ground handling dan pilot yang bertugas tidak berjalan dengan baik," ujar Public Relations Manager Lion Air Group, Andy M. Saladin dikutip dari keterangan resminya, Jumat 11 Agustus 2017. 

Dia memastikan akan memberi kompensasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Semua penumpang yang mengalami penundaan terbang akan diberangkatkan hari ini. 

Peluang Bisnis Logistik di RI Masih Besar, Pendiri Lion Air Group Sayangkan Soal Tingginya Biaya

"Kami terbangkan pada hari ini juga menggunakan pesawat Batik Air dan juga Lion Air pada jadwal setelahnya dengan JT 267, JT 675, dan JT 765," tuturnya. 
  
Andy menambahkan bahwa pihak Lion Air akan melakukan investigasi dan evaluasi mengenai hal ini, dengan melakukan panggilan terhadap beberapa pihak terkait seperti pilot in charge pada penerbangan JT 673 tersebut. Dan juga pihak ground handling serta akan memberikan sanksi apabila ditemukan adanya pelanggaran standar operasional prosedur (SOP).

Militer India melakukan uji coba rudal Agni-5 di Teluk Benggala

Terpopuler: Peluncuran Rudal Balistik India hingga Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai

Berita tentang uji coba peluncuran rudal balistik India di sekitar Teluk Benggala jadi berita terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Selasa, 12 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024