13 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Ilustrasi orang atau pengusaha kaya.
Sumber :

VIVA.co.id – Sejak zaman revolusi industri, komponen terbesar yang mengukur kekayaan seseorang di dunia adalah seberapa banyak uang yang disimpannya di bank. Perhitungan kekayaan itu diterapkan untuk melihat kekayaan yang dimiliki Bil Gates, Jeff Bezos atau Waren Buffet. 

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Tapi menilik pada sejarah manusia, bagaimana mengukur kekayaan tokoh-tokoh legenda di dunia. Seperti Kaisar Augustus atau Kaisar Shenzong yang memiliki kendali mutlak atas kerajaan mereka, dan tokoh ekonomi seperti Jakob Fogger dan Cosimmo de Medici yang berada dibalik layar. 

The Money Project merilis infografis terkait orang terkaya di dunia dalam sejarah manusia bagian pertama. Infografis ini menjabarkan kekayaan para tokoh di dunia yang ada beberapa abad lalu. 

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Menyusun daftar orang kaya di masa lampau bukanlah hal yang mudah. Namun, riset yang digunakan berpatokan pada beberapa hal. Seperti apa yang memisahkan kekayaan pribadi seorang kaisar dengan kekayaan yang dimiliki kekhaisarannya. 

Kemudian, catatan-catatan yang ada dari zaman purba, atau berdasarkan legenda dan sejarah lisan. Lalu tingkat kekayaan yang dikonversi dengan menggunakan cara yang berbeda. 

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Tapi perlu digaris bawahi, seiring dengan perkembangan zaman, kekayaan tokoh-tokoh sebelum revolusi memiliki banyak versi. Karena itu, sejatinya daftar orang terkaya dalam perjalanan sejarah tergantung pada siapa Anda bertanya.

Dikutip dari infografis tersebut, Senin, 14 Agusutus 2017, berikut ini daftar orang terkaya di dunia sebelum revolusi Industri. 

1. Kaisar Roma Augustus Caesar

Augustus memiliki kekayaan sebesar US$4,6 triliun. Dia merupakan kaisar dari kekaisaran pertama di Roma yang mengontrol banyak negara di dunia pada tahun 63 BCE-14 CE atau sekitar 2100 tahun lalu. 

2. Raja Salomon

Raja di Israel ini memiliki kekayaan sebesar US$2,2 triliun. Berdasarkan kitab Injil, pada 970-931 BCE atau sebelum tahun ke 1000, kekayaannya dan sifat damainya terkenal di seluruh dunia. 

3. Genghis Khan

Kaisar Mongoloa ini ditaksir memiliki kekayaan sebesar US$1 triliun. Pada periode kekuasaaannya di 1162-1227, Mongolia juga terkenal sebagai kekaisaran penjajah dan memiliki strategi militer yang kuat sepanjang sejarah. 

Pada saat dia memimpin, area kekuasaan kekaisaran Mongol terbentang dari China hingga Eropa. Atau sebanding dengan 22 persen area daratan di dunia. 

4. Mansa Musa

Raja di Kerajaan Mali, Afrika Barat ini, ditaksir memiliki kekayaan senilai US$415 miliar. Pada 1280-1337, kerajaan tersebut merupakan produsen emas terbesar di dunia. 

5. Jacob Fugger

Bangkir asal Jerman ini memiliki kekayaan senilai US$227 miliar. Jacob dikenal pebisnis tulen. Kerajaan bisnisnya mencakup beberapa sektor ekonomi seperti pertambangan, perbankan dan perdagangan. 

6. Raja William

Raja Inggris pada tahun 1028-1087 ini memiliki kekayaan senilai US$228 miliar. Raja keturunan Viking ini meningkat kekayaannya setelah akhirnya berhasil menaklukkan seluruh inggris pada 1066.

7. Pangeran Alan Rufus

Pangeran Inggris ini ditaksir memiliki kekayaan senilai US$195 miliar. Di Inggris dia merupakan orang kepercayaan Raja Wiliam pada peride 1040-1093. Dia pun diberi gelar raja pertama di Richmond oleh William. 

Richmond adalah salah satu daerah penting di Inggris. Alan mendapatkan kekayaannya dari mengelola wilayah tersebut. 

8. Marcus lucinius Crassus

Pebisnis asal Roma ini ditaksir memiliki kekayaan senilai US$169,9 miliar. Kekayaannya pada zaman kekaisaran Roma dikatakan setara dengan harta kerajaan.

Crassus juga merupakan penasihat keuangan Julius Caesar. Kekayaannya pun didapatkan dari bisnis properti yang digelutinya. 

9. Basil II

Basil II adalah kaisar di kekaisaran Byzantine di Turki pada 958-1025. Total kekayaannya mencapai US$169,4 miliar. Saat dia meninggal, tercatat emas yang dimilikinya mencapai 100 ton. 

10. Cosimo De Medici

Pebisnis asal Florence, Italia itu ditaksir memiliki kekayaan sebesar US$129 miliar. Pada 1389-1464, Cosimo membangun bisnis perbankannya di negara tersebut.

11. Kaisar Shenzong

Kaisar China ini berkuasa pada tahun 1048-1085. Pada masa kepemimpinannya, Kekaisaran China mulai lebih ketat mengatur segala kegiatan ekonomi yang terjadi di negara tersebut. Pada periode itu tercatat kekayaannya sekitar 25-30 persen dari PDB global yang saat ini mencapai US$66,9 juta. 

12. Permaisuri Wu

Satu-satunya kaisar perempuan di China ini ditaksir sebagai wanita terkaya sepanjang masa. Berkuasa pada tahun 624 hingga 705, Wu diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 22,7 persen dari total PDB global saat ini yang sebesar US$66,9 juta. 

13. Akbar The Great

Kaisar kerajaan Mughal di India ini naik takhta sejak tahun 1556 hingga 1605. Semasa kekuasaannya, kekayaan Akbar meningkat hingga ditaksir mencapai 25 persen dari total PDB dunia sebesar US$66,9 juta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya