Harga BBM Tak Naik-naik, Laba Pertamina Anjlok 24 Persen

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Laba bersih PT Pertamina semester I 2017 tercatat turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dalam enam bulan, laba bersih hanya sebesar US$1,4 miliar atau turun 24 persen dibandingkan semester I 2016 yang sebesar US$1,83 miliar.

Pertamina Umumkan Perubahan Susunan Direksi Pertamina Hulu Energi

Direktur Utama Pertamina, Elia Massa Manik, mengungkapkan anjloknya laba bersih Pertamina ini lantaran harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar yang diputuskan oleh pemerintah tidak naik hingga akhir 2017.

Padahal, kata Massa, pendapatan perusahaan pada semester I 2017 ini meningkat mencapai 20 persen atau menjadi US$20,5 miliar dari periode yang sama tahun lalu sebesar US$17,2 miliar. Menurut dia, naiknya pendapatan lantaran harga minyak mentah yang naik.

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

"Tapi, kenaikan ini jadi menekan net income dan EBITDA kami, karena pemerintah menetapkan tidak ada kenaikan harga BBM hingga akhir tahun ini," ujar Massa di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2017.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Pertamina sebagai perusahaan migas nasional harus mendukung kebijakan pemerintah untuk menjaga harga BBM tidak naik. Ia mengaku perusahaan terus berusaha melakukan efisiensi dan menggenjot produksi.

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

Mantan Direktur Utama PTPN III ini menyebut hal itu terlihat dari realisasi belanja modal yang meningkat sepanjang semester I-2017 mencapai US$1,49 miliar, dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar US$810 juta dolar.

"Realisasi Capex (belanja modal) lebih baik dari semester satu tahun 2016," ujar dia. (ren)

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati

Nicke Widyawati Jawab Rumor Ahok Bakal Geser Posisinya sebagai Dirut Pertamina

Berhembus kabar yang menyebut bahwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), bakal berganti posisi menjadi Dirut Pertamina menggantikan Nicke Widyawati.

img_title
VIVA.co.id
26 Juli 2023