Ribuan Ton Garam Impor Masuk Pelabuhan Belawan

Ilustrasi garam.
Sumber :
  • Pixabay/bykst

VIVA.co.id – Kapal MV Uni Challange berbendera Singapura pengangkut 25.500 ton garam impor asal Australia, Sabtu sore sandar terpaksa di Lego Jangkar Pelabuhan Belawan. Kapal pegangkut garam impor itu datang, untuk mencukupi kebutuhan pangan di Sumatera Utara.

Kejagung: Tersangka Impor Garam Bertambah, Total 5 Orang

Kapal dengan panjang 170 meter berbendera Singapura itu berangkat dari Australia hanya membutuhkan waktu satu minggu perjalanan. Kapal pengangkut garam impor itu pun langsung dibongkar menggunakan truk Losing Cakram dan langsung diangkut ke dalam truk.

Ribuan garam tersebut nantinya akan disimpan di pergudangan Bhanda Graha Reksa Marelan dan Gudang Mabar. Selanjutnya, garam-garam tersebut akan disalurkan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Kota di Sumatera Utara.

Susi Pudjiastuti Bikin Konten HUT Pangandaran saat Diperiksa Kejaksaan

Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan Khairul Ulya menyatakan, kapal ini mengangkut garam untuk kebutuhan masyarakat banyak.

"Maka, kita utamakan, garam diangkut langsung, prosesnya diperkirakan memakan waktu empat sampai lima hari."

Kejagung Geledah 4 Pabrik di Sejumlah Kota Terkait Korupsi Impor Garam

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menugaskan PT Garam untuk mengimpor 75 ribu ton garam bahan baku dari Australia. Impor dilakukan karena curah hujan di dalam negeri masih tinggi di bulan Mei-Juli, sehingga panen garam terganggu. Jenis garam yang diimpor adalah garam bahan baku yaitu bahan baku untuk garam konsumsi. Kadar NaCl untuk bahan baku minimal 97 persen.

Laporan : Martinus Sitorus/TvOne/ Belawan, Sumatera Utara

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Harga Garam Naik, Zulhas: Biar Petani Setahun Sekali Menikmati Untung

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, kenaikan harga garam tersebut wajar agar para petani garam menikmati keuntungan.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2023