Bandara Ngurah Rai Optimistis Capai Target 5 Juta Wisman

Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Bali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Memasuki triwulan tiga, Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat ada kenaikan jumlah wisatawan asing atau wisman yang berkunjung ke Bali. Berdasarkan data keimigrasian, sampai bulan Juli 2017 sedikitnya terdapat 3,5 juta wisman masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Angka itu naik 22,18 persen dibandingkan tahun 2016.
 
Peningkatan signifikan ini masih didominasi oleh wisman dari China yaitu sebesar 25 persen atau sekitar 896 ribu. Selama 2 tahun terakhir, China memang menempati posisi wisman tertinggi yang datang ke Bali. Jika dibandingkan dengan periode yg sama tahun 2016, tercatat 559 ribu wisman China maka tingkat pertumbuhannya mencapai 60,2 persen.
 
Wisman Australia berada di posisi kedua yaitu 632 ribu atau 18 persen dan di urutan ketiga adalah wisatawan dengan kewarganegaraan India sebanyak 234 ribu atau 7 persen dari keseluruhan.
 
"Tahun 2017 ini Bandara I Gusti Ngurah Rai ditargetkan mendatangkan 5,58 juta wisman. Melihat catatan kami hingga bulan Juli kemarin artinya capaiannya hampir 64 persen. Apabila melihat pertumbuhan yang terus meningkat secara signifikan, kami percaya bisa penuhi target tersebut," kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi di Bali, Senin 4 September 2017.
 
Optimisme ini, lanjut Yanus, juga didukung oleh besarnya minat maskapai asing masuk ke Bali. "Bulan lalu kami untuk pertama kali menerima penerbangan Mehan Air  dari Tehran Iran. Dan Bali adalah destinasi pertama di Indonesia yang disasar oleh Mehan Air," katanya.
 
"Kami juga melihat tren meningkatnya wisatawan asal Timur Tengah. Tahun ini secara persentase mengalami peningkatan 2 kali lipat atau 100 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun 2016, periode Januari sampai Juli ada 17 ribu lebih, tahun ini 35 ribu. Sepertinya ini dampak positif dari kunjungan Raja Arab Saudi ke Bali akhir awal Maret lalu," lanjut Yanus.

Parade Kapal Hias-Yacht Mewah di Sabang Marine 2024 Pukau Wisatawan Asing

Salah satu faktor pendongkrak angka ini adalah pihak Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai yang mempercepat pengembangan dan penambahan fasilitas operasionalnya. Saat ini pihak AP I tengah mendorong percepatan penambahan 11 parking stand atau tempat parkir pesawat dan 40 check in counter.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kuala Tungkal

Sandiaga Uno Berharap Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Festival Arakan Sahur di Jambi

Sandiaga Uno Berharap Negara Luar Negeri Berwisata Arakan Sahur di Jambi

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024