RDP Komisi VII dan Menteri Jonan Heboh Soal Sapi Kurban

Menteri ESDM Ignasius Jonan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Rapat Komisi VII DPR RI dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siang ini yang membahas peraturan terkait sektor energi, dihebohkan dengan aksi saling tepis beredarnya isu bagi-bagi sapi kurban dari Menteri ESDM, Ignasius Jonan ke anggota Komisi VII

Istimewanya Sapi Kurban Jokowi yang Disembelih Hari Ini di Solo

Jonan disebut-sebut memberikan sapi kurban melalui stafnya kepada anggota DPR RI dengan jumlah yang bervariatif. Untuk pimpinan komisi bisa diberikan sampai empat ekor sapi, sedangkan anggota mendapat jatah dua ekor sapi.

Anggota Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih menyampaikan, dia kerap ditanya soal sapi pemberian Menteri ESDM ini. Dalam rapat itu, Eni meminta Menteri Jonan memberikan klarifikasi agar isu tersebut dapat diluruskan.

Grandong, Sapi Kurban Irfan Hakim yang Beratnya 1,3 Ton

"Saya ditanya oleh wartawan apakah saya menerima sapi dari Pak Jonan, jadi ini mumpung Pak Menteri (ESDM) di sini agar bisa mengklarifikasi," kata Eni di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Rabu 6 September 2017.

Pimpinan rapat sekaligus Ketua Komisi VII, Gus Irawan Pasaribu menilai, isu itu tidak perlu ditanggapi. Menurutnya, rapat kerja yang diselenggarakan pada hari ini seharusnya dapat membahas hal yang lebih penting yakni asumsi makro sektor ESDM.

Akibat Pandemi, Penjualan Sapi Kurban Terus Berkurang

"Saya pimpinan saya pun enggak tahu. Tapi itu saya kira Pak Menteri sudah mengklarifikasi di statusnya," kata Gus Irawan. 

Namun Eni pun terus mendesak agar Menteri ESDM bisa memberikan klarifikasi agar ia tak lagi ditanyai oleh awak media. 

"Kebetulan itu sekarang menjadi isu, yang perlu diklarifikasi, saya perlu dengar dari Pak Menteri langsung supaya wartawan yang mendapat ini tidak menghubungi saya lagi. Masalahnya kita tidak menerima. Saya ingin pak menteri juga (klarifikasi), " kata Eni.

Lalu, Anggota Komisi VII fraksi PDIP Adian Napitupulu mengatakan, rumor yang berkembang itu tidak perlu dibahas. "Itu kan Rumor yang berkembang, rapat kerja enggak bahas rumor," ujar Adian.

Gayung bersambut, pimpinan rapat Komisi VII, Gus Irawan pun mengatakan, anggota Komisi VII tidak perlu merasa tersudut.

"Saya kira ngapain juga kita tersudut, silahkan pak Menteri kalau mau mengklarifikasi," ujar dia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan pun akhirnya menanggapi hal itu. Namun, Jonan hanya mengatakan bahwa dia tidak tahu menahu terkait isu sapi tersebut.

"Tidak ada program itu dan juga saya tidak tahu menau pak," tutup Jonan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya