Di Kampus IPB, Jokowi Puji-puji Koperasi Beras di Sukabumi

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memuji konsep inovatif yang dijalankan Koperasi Arrahmah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, saat memberi orasi ilmiah di hadapan civitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB).

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Jokowi sendiri mengunjungi koperasi itu pekan lalu ketika tengah merayakan Idul Adha di Sukabumi. Adapun pujian disampaikan karena Jokowi berpandangan bahwa para mahasiswa IPB harus bisa juga menghadirkan inovasi di bidang pertanian layaknya pengelola Koperasi Arrahmah.

"Minggu lalu saya ke Sukabumi untuk mencari contoh koperasi petani. Ternyata ada di Sukabumi yang namanya Koperasi Arrahmah," ujar Jokowi dalam acara yang diselenggarakan untuk memperingati Dies Natalis IPB ke-54 di Kampus IPB, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 6 September 2017.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Jokowi menyampaikan, inovasi yang dijalankan koperasi itu antara lain penanaman banyak varietas bibit padi secara bersamaan supaya saat dipanen, jenis beras yang bisa dipasarkan juga sekaligus beragam.

Selain itu, pemrosesan padi menjadi beras sekaligus pengemasannya dilakukan secara modern. Terakhir, cara Koperasi Arrahmah memasarkan hasil panen dengan memanfaatkan jaringan internet juga diapresiasi.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Jokowi sekaligus meminta mahasiswa-mahasiswa IPB supaya memandu petani di daerah-daerah memanen padi dengan cara inovatif itu. Dengan demikian, kemajuan dunia pertanian di Indonesia bisa terjadi berkat dorongan para mahasiswa IPB.

"Cara ini yang harus diintervensi. Karena kalau tidak, nilai tukar petani tidak bisa meningkat. Tidak bisa meloncat juga keuntungannya," ujar Jokowi. (ase)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021