Tak Naikkan Tarif, KAI Talangi hingga Rp30 Miliar

Kereta Api Wisata Imperial.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan meminta PT Kereta Api Indonesia untuk mencari dana sendiri dan tidak mengandalkan dana dari kewajiban pelayanan publik (public service obligations/PSO).

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Zulmafendi menilai KAI merupakan perusahaan BUMN yang memiliki keuangan sehat, sehingga diharapkan bisa mengelola berbagai sumber pendapatan di luar APBN.

Pernyataan ini dikeluarkan menyusul batalnya pemberlakuan Peraturan Menteri 42 Tahun 2017 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO) dan kembali ke Peraturan Menteri 35 Tahun 2017.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Dengan adanya pembatalan pemberlakuan PM 42/2017, maka KAI menalangi selisih tarif baru dan lama yang totalnya mencapai Rp30 miliar dari Juli-Desember 2017.

"Harapan kami KAI bisa mengelola dengan baik. Mungkin dengan subsidi silang, sponsorship atau dengan melakukan sumber pendanaan lain yang tidak membebani masyarakat dan APBN," katanya, saat konferensi pers di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2017.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Menurut Zulmafendi, KAI bisa menambal kekurangan biaya yang bisa digunakan guna menutupi kekurangan untuk subsidi tarif kereta api jarak jauh kelas ekonomi. Ia menjelaskan, pemberlakuan kembali PM 35 Tahun 2017 setelah melalui evaluasi dan kajian.

"Kami juga sama-sama melihat ini sering terjadi walaupun keputusan sudah dibuat, kemudian ada evaluasi bersama PT KAI," katanya.

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Senin, 22 April 2024. Menurut dia, proyek bandara ini memak

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024