Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Gratis Seminggu

Gerbang Tol Helvetia ruas jalan tol Medan-Binjai seksi II dan III.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id – Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi akan dibuka secara gratis pada tahap awal, mulai hari ini, Jumat, 13 Oktober 2017. Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat masyarakat menggunakan jalan tol yang masuk di jalur Trans Sumatera ini. 

Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution Kompak Atasi Banjir Medan

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, penggratisan jalan tol ini dilakukan untuk sosialisasi kepada masyarakat. 

"Jadi beberapa hari ini akan digratiskan, dalam rangka sosialisasi, biasanya seminggu," kata Arie di Gerbang Tol Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Jumat, 13 Oktober 2017. 

Demo Satu Tahun Kepemimpinan Bobby Nasution di Medan Berakhir Ricuh

Kebijakan itu, menurut Arie, juga berlaku di jalan Tol Medan-Binjai yang diresmikan hari ini. Jalan tol ini akan menerapkan cashless alias non tunai. Hal tersebut diharapkan dapat mengefisienkan waktu transaksi di gerbang tol.

"Hambatan kan banyaknya di gardu tol, kalau kita pakai cashless atau non tunai itu 5 detik saja, efisiensinya banyak," katanya. 

Soroti Medan, Surya Paloh ke Edy Rahmayadi: Ibu Kota Harus Bersih

Dia menambahkan, banyaknya uang tunai di gardu tol juga tidak memberikan situasi aman. "Tapi ini kan juga memperhatikan pengguna jalan. Mereka kan meng-invest di dalam kartu itu, kan kalau top up lagi top up lagi," katanya. 

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 2-6 atau dari Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 41,65 kilometer itu. Tol tersebut merupakan tol terpanjang se-Sumatera pada saat ini. Peresmian tol ini dilakukan bersamaan dengan Jalan Tol Medan-Binjai. (ase)

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumut Ungkap Hambatan Atasi Banjir di Kota Medan

Pemprov Sumut dan Pemkot Medan akan melakukan pembenahan infrastruktur di Kota Medan, untuk mengatasi banjir di kota terbesar nomor tiga di Indonesia itu.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022