PLN Luncurkan 16 Unit 'Power Bank' Raksasa

Power bank raksasa milik PLN.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim.

VIVA.co.id - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) meluncurkan secara resmi 16 unit Power Bank Express Power Service. Ini dilakukan Jelang peringatan Hari Listrik Nasional ke-72 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober mendatang.

Capaian PLN 2021: Pelanggan 82,5 Juta, Rasio Elektrifikasi 99,43%

General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad, mengungkapkan bahwa nama Power Bank memang terinspirasi dari ‘power bank’ yang digunakan untuk pengisian baterai gadget. Dia menyampaikan power bank PLN gunanya juga sama dengan power bank untuk gadget yaitu sebagai unit pengisi daya atau sumber energi listrik saat sedang jauh dari sumber listrik.

"Power bank jauh lebih murah dari genset. Penyambungannya mudah, tidak bising dan ramah lingkungan," kata Ikhsan dalam keterangan resminya, Rabu, 25 Oktober 2017.

Grab Permudah Mobilisasi Karyawan PLN

Ia menjelaskan, Power Bank ini tidak beroperasi dengan sistem sewa, tetapi pelanggan hanya perlu membeli kWh. Adapun tagihan kepada pelanggan sesuai dengan besaran konsumsi listrik yang digunakan.

Launching produk Power Bank Express Power Service ini diharapkannya agar PLN Disjaya dapat turut membantu kemudahan pelanggan dalam memperoleh sumber listrik. Selain itu, diharapkan PLN dapat turut berpartisipasi dalam mewujudkan Jakarta yang bebas polusi.

Listrik di Lokasi Gempa Pasaman Barat Hidup Lagi

"Inovasi PLN ini dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan listrik dengan mudah, murah, cepat dan utamanya tidak menimbulkan polusi. Untuk mewujudkan Jakarta bebas polusi, inovasi ramah lingkungan ini jawabannya," tutur Ikhsan.

Untuk kapasitas daya, masing-masing unit Power Bank adalah sebesar 250 kVA. Bertempat di Kantor PLN Distribusi Jakarta Raya, Gambir, Jakarta Pusat, acara launching ini turut dihadiri oleh Direktur Regional Jawa Bagian Barat (JBB) PLN Haryanto W S, Kepala Divisi Operasi Regional JBB Bima Putrajaya, Kepala Divisi Pengembangan Regional JBB Sandika Aflianto, beserta jajaran pejabat dan manajemen di lingkungan PLN yang termasuk dalam Regional Jawa Bagian Barat.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa pengguna Power Bank Express Service yang menyatakan bahwa kehadiran Power Bank sangat membantu pekerjaan konstruksi dengan cepat dan mudah, diantaranya adalah dari owner PT Wirasedya Utama.

"Saya cukup senang dengan hadirnya Power Bank, karena masalah saya ada solusinya, terutama masalah listrik. Karena ketersediaan listrik dari PLN, saya bisa memulai usaha saya secepatnya, jadi tidak perlu menunggu-nunggu dan membuang waktu dan biaya," ungkap owner PT Wirasedya Utama dalam video testimoninya tentang produk Power Bank.

Selain merilis Power Bank Express Power Service, PLN Disjaya juga menampilkan unit-unit pendukung kelistrikan lainnya, antara lain 4 unit Crane, 2 unit UKB 400 meter, 2 unit UKB 200 meter, 1 unit Genset 500 kVA, 1 unit Genset 250 kVA, 1 unit Genset 125 kVA, 4 unit Genset 45 kVA, 6 unit UGB 1000 kVA, 2 unit UGB 630 kVA, 1 unit UPS 300 kVA dan 1 buah Unit LBS Bergerak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya