Ada 1,5 Juta Kartu E-Toll Gratis di Bank Nasional

Ilustrasi penggunaan e-toll
Sumber :
  • Polytron

VIVA – Perbankan nasional turut mendukung gerakan transaksi non tunai sejak Triwulan I 2017. Terdapat empat bank negara dan bank swasta yang berpartisipasi di antaranya BRI, BNI, Mandiri, dan BCA.

Pemudik Jangan Lupa Isi E-Toll, Ada 16 Ribu Kendaraan Saldo Kurang saat Pergi Mudik

Berbicara mengenai ketersediaan kartu dan sarana top-up, Nandan Sandaya, perwakilan dari Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) mengatakan, ada tiga periode ketersediaan kartu. 

Periode pertama, 15 Oktober 2017, harga kartu diskon 10 persen, setelah 16 Oktober disediakan sekitar 1,5 juta keping e-Toll gratis.

Aturan Kedaluwarsa Kartu E-Toll Tak Berlaku di Mudik Lebaran 2024

"Harga normal dikenakan setelah kartu gratis dan masa promosi habis. Waktunya akan ditambah 2 minggu setelah 1 November 2017," kata Nandan dalam Diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2017.

Untuk sarana top-up, pengguna e-Toll bisa melalukannya di kantor cabang atau ATM. Sedangkan Bank Mandiri sudah melayani top-up melalui mobile banking. Proses top-up juga tidak akan dikenakan biaya. Saat ini sudah tersedia sekitar 800an sarana top-up kartu elektronik termasuk di rest area.

Ada Kabar Gembira untuk Pemudik yang Lewat Jalan Tol

"Top up di gardu tol masih bisa, namun tidak disarankan karena akan menambah antrean. Juga disediakan sarana top-up di rest area," kata dia.

Ilustrasi tarif tol.

Cek Tarif Tol Lewat Google Maps, Pastikan Saldo Cukup

Saat ini, tarif tol bisa dicek secara online, baik melalui situs resmi Jasa Marga, BPJT, hingga aplikasi seperti Google Maps.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024