Gubernur BI Minta Pekerja Jangan Hanya Pikirkan Naik Gaji

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Ketenagakerjaan telah menetapkan Upah Minimum Provinsi tahun depan sebesar 8,71 persen. Formulasi kenaikan UMP, ditetapkan berdasarkan laju inflasi nasional sebesar 3,72 persen, dan pertumbuhan ekonomi nasional secara rata-rata 4,99 persen.

Daftar Lengkap UMP 2024 di 32 Provinsi, Ini yang Tertinggi dan Terendah

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menegaskan, kenaikan UMP tahun depan memang telah diamanatkan dalam peraturan perundang-undang yang berlaku. Namun, kenaikan tersebut diharapkan bisa menjadi dorongan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

“Saya ingin titip, jangan terlalu hanya melihat peningkatan UMP. Peningkatan upah, dibarengi produktivitas,” kata Agus, saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis 2 November 2017.

UMP Lampung 2024 Cuma Naik 3,6 Persen, Pemerintah Dianggap Tidak Berpihak ke Buruh

Agus menjelaskan, peningkatan produktivitas merupakan kunci bagi ekonomi Indonesia untuk tumbuh kuat dan berkesinambungan. Dengan peningkatan produktivitas, tentu hal tersebut bisa berdampak positif bagi sendi-sendi perekonomian  domestik.

“Yang perlu ditingkatkan adalah produktivitas, sehingga kegiatan bisa maksimal.” (mus)

UMP Sumut Hanya Naik 3,67 Persen, DPRD Desak Pemprov Kendalikan Harga Bahan Pokok
Ilustrasi suasana Ibu Kota Jakarta sebagai pusat bisnis.

UMP dan UMK 2024 Cuma Naik Tipis, RI Akan Terlambat Jadi Negara Maju

Ekonom menilai rendahnya kenaikan upah minimum provinsi (UMP) upah minimum kota/kabupaten (UMK) di 2024 ini akan memperlambat Indonesia untuk menjadi negara maju.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023