Soal Holding, BUMN Mulai Fokus Isu Pemegang Saham Pengendali

Kantor Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA – Pemerintah masih menggodok pembentukan holding BUMN. Upaya pemerintah  menyatukan BUMN dengan sektor yang sama dalam satu induk ternyata terus menjadi fokus.

Begini Persiapan Danareksa Pimpin Holding BUMN Jasa Keuangan 

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro mengatakan, pihaknya dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan beberapa perbankan pelat merah melakukan pertemuan di Bank Indonesia hari ini khususnya pembahasan holding BUMN Perbankan. 

Menurut dia, isu hangat yang menjadi fokus dalam rencana holding perusahaan pelat merah yang terus digencarkan saat ini adalah soal pemegang saham pengendali.

Menteri Rini Targetkan Holding BUMN Keuangan Rampung Awal 2019

"Beberapa isu teknis yang terkait dengan aturan OJK. Pasti kan di sektor perbankan kan ada, jadi penyelarasan. Jadi kita diskusi misalnya isu pemegang saham pengendali," ujar Aloy akrabnya disapa saat ditemui di kompleks Bank Indonesia, Senin 6 November 2017.

Kendati demikian, Aloy tak mau sesumbar membeberkan kapan target penyelesaian holding BUMN Perbankan. Hanya saja, pihaknya saat ini sudah melakukan berbagai upaya untuk sinkronisasi.

Holding Perlu karena BUMN Bersaing dengan Produk Sama

"Mengenai pengawasan perbankan, jadi justru kita lagi men-syncronize dengan aturan-aturan supaya jangan sampai setelah holding terjadi baru kita lakukan (sinkronisasi)," tutur dia. 

Menteri BUMN, Rini Soemarno

Jadwal Pembentukan Sejumlah Holding BUMN Mundur, Ini Penjelasan Rini

Menteri Rini pastikan rencana tersebut tetap akan terwujud.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2019