Veteran Perang Gratis Naik Kereta Api di Hari Pahlawan

Ilustrasi veteran pejuang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA – PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket kereta api tepat pada Hari Pahlawan pada Jumat 10 November 2017. Kebijakan itu sebagai penghargaan kepada jasa seluruh Legiuan Veteran Republik Indonesia, atau LVRI yang dulu membela Tanah Air.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Untuk tarif kereta api akan di reduksi 100 persen. Artinya, anggota LVRI dapat menggunakan kereta api secara cuma-cuma khusus keberangkatan pada Jumat 10 November 2017.

"Kebijakan ini berlaku mulai pukul 00.01 WIB, untuk kereta api jarak jauh dan jarak menengah, baik kereta api bersubsidi maupun kereta api komersial," kata Manager Humas PT KAI Daop 4, Edy Kuswoyo, di Semarang, Kamis 9 November 2017.

Peringatan Hari Pahlawan, Bendera Merah Putih Berkibar di Perbatasan RI-Timor Leste

Dia menjabarkan, total perjalanan yang berlaku bagi LVRI di Hari Pahlawan sendiri sebanyak 192 perjalanan KA. Namun, tarif KA reduksi ini tidak berlaku untuk kereta api lokal.

"Untuk di Daop 4 Semarang, seperti KA Kaligung, Blora Jaya, Kedung Sepur, dan KA Kalijaga tidak termasuk dalam reduksi ini," tutur dia.

Peringati Hari Pahlawan, Wakasal dan Mensos Risma Upacara dan Tabur Bunga di Perairan Teluk Jakarta

Pelayanan spesial tersebut hanya dapat dilakukan dengan melakukan pemesanan di seluruh stasiun pelayanan pembelian tiket dengan memberikan fotokopi kartu anggota LVRI. Setelah tanggal 10 November, KAI tetap memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI yang selama ini diterapkan.

Yaitu, sebesar 50 persen pada Selasa sampai Kamis 30 persen pada Jumat sampai Senin dan hari besar, atau hari libur nasional lainnya, dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

Edy mengimbau, bagi anggota LVRI yang memiliki tiket kereta api jarak jauh dan jarak menengah bersubsidi maupun komersial pada 10 November 2017, dapat mengambil pengembalian bea 100 persen di stasiun tujuan, atau stasiun kedatangan.

"Caranya dengan menyerahkan tiket, atau boarding pass di loket stasiun sampai dengan tiga hari, setelah jadwal kedatangan KA penumpang yang bersangkutan," ucapnya.

Pihaknya juga mengingatkan, tiket tersebut dapat dibatalkan namun tidak dapat diubah jadwal (reschedule) dan tidak dapat digabung dengan reduksi, atau diskon lainnya. Pada saat proses boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli.

"Pemberlakuan tiket gratis di Hari Pahlawan ini sebagai bentuk apresiasi KAI kepada para veteran yang berjasa terhadap kemerdekaan RI," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya