Korea Selatan Tawarkan Sistem Pengendali Macet ke Indonesia

Ilustrasi macet Jakarta
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aprillio Akbar

VIVA – Pemerintah Korea Selatan menawarkan sistem pengendali kemacetan lalu lintas ke Indonesia. Sistem yang dinamai Intelligence Transportation System (ITS) itu disebut-sebut mampu membuat sistem di jalan tol dapat terintegrasi.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, sistem itu mirip dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) yang ditawarkan oleh Hungaria belum lama ini.

"Nanti kita lihat juga teknologinya seperti apa. Jadi kami masih melihat keseluruhan sistemnya," ujar Arie usai pertemuan dengan perwakilan Korea Selatan, Jumat, 10 November 2017.   

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Sementara itu, sistem yang ditawarkan tersebut masih akan menjalani studi kelayakan dahulu pada bulan Juni 2018. Ia berharap, jika memang ini bisa dipergunakan, maka akan menjadi perbaikan bagi 3.000 kilometer ruas tol di Indonesia.

Tak cuma itu, Arie juga berharap agar sistem itu juga bisa direplikasikan di jalan arteri di seluruh Indonesia. "(Harapannya) di semua jalan yang akan dilintasi," ujarnya. (ase)

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
D’Festa Jakarta 2024.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Festival pameran K-Pop terbesar di Indonesia, bertajuk D'Festa Jakarta 2024, siap digelar. Bertempat di Mall Taman Anggrek, Jakarta, pada 7 Juni hingga 21 Juli 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024