Lakukan Lima Hal Ini Sekarang untuk Kaya Tahun Depan

Ilustrasi gaya hidup orang kaya
Sumber :
  • Business Insider

VIVA – Menciptakan sebuah kekayaan tak seperti membalikkan tangan begitu saja. Sebab, setiap manusia, tentu memiliki perencanaan jangka panjang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Dilansir dari Business Insider, Kamis 16 November 2017, untuk memiliki kekayaan dibutuhkan sebuah keputusan sederhana yang Anda buat hari ini. Dan, itu sangat penting untuk mengapai cita-cita Anda ke depan.

Seperti bagaimana Anda menyiapkan tabungan atau seberapa banyak pendapatan yang Anda keluarkan untuk disewakan. Untuk itu, di bawah ini ada lima hal yang bisa dilakukan saat ini untuk hasilkan kekayaan tahun depan:

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

1. Mengatur penghematan otomatis

Anda bisa mengambil langkah terbesar untuk membangun kekayaan dalam 10 menit di depan komputer Anda. Menyiapkan penghematan uang membutuhkan usaha dan pemikiran.

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Jika Anda ingin menyimpan sebagian dari penghasilan setelah pajak, Anda dapat memisahkan langsung beberapa akun tabungan Anda untuk didebet langsung dan menentukan berapa banyak uang dari gaji akan beralih ke setiap akun.

2. Minta kenaikan gaji atau ganti pekerjaan

Upah per jam untuk pekerja di Amerika Serikat telah meningkat 2,4 persen pada tahun lalu, menurut Economic Policy Institute. Dan, meskipun rata-rata orang Amerika percaya bahwa mereka layak mendapat kenaikan gaji, lebih dari 70 persen tidak memintanya.

Untuk itu, negosiasikan gaji awal Anda dan terus bernegosiasi setiap beberapa tahun, atau ketika Anda memulai pekerjaan baru untuk bisa menghasilkan selisih US$1 juta dalam penghasilan seumur hidup Anda.

Kunci untuk menghasilkan lebih banyak uang bisa saja mengganti pekerjaan, menurut sebuah analisis dari perusahaan jasa keuangan Nomura. Karyawan yang mengganti pekerjaan menghasilkan sekitar satu persen lebih banyak uang dari tahun ke tahun dibandingkan mereka yang tinggal dengan majikan yang sama.

3. Masukkan uang Anda ke rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi

Terlalu banyak uang di rekening giro Anda bisa menahan Anda dari membangun kekayaan. Untuk itu, cari tabungan yang miliki imbal hasil tinggi dan masukkan gaji Anda ke rekening tersebut

Karena, jika terlalu lama uang Anda diendapkan di tabungan, Anda hanya akan mendapatkan bunga 0,01 persen saja karena habis untuk administrasi. Sementara itu, jika dialihkan ke imbal hasil tinggi bisa dapatkan bunga satu persen.

4. Investasikan di pasar saham

Jika Anda bagian dari 46 persen milenium yang berada di luar pasar saham karena terlalu berisiko,  Anda bisa meninggalkan jutaan dolar di atas meja.

Berdasarkan rata-rata tingkat pengembalian pasar dan tingkat suku bunga dari 40 tahun terakhir, NerdWallet menghitung bahwa investasi pada saham seperti di AS akan menghasilkan US$4,57 juta pada usia 65.

5. Temukan perumahan murah

Jika Anda termasuk sepertiga orang yang membayar lebih untuk perumahan, mulailah dengan mencari tempat yang memenuhi ukuran standar keterjangkauan atau 30 persen dari pendapatan sebelum pajak.

Tetapi, jika Anda bisa menemukan tempat yang memungkinkan Anda menghabiskan 25 persen penghasilan setelah pajak untuk perumahan, rekening tabungan Anda akan aman.

Bahkan, miliarder Warren Buffet membuat biaya perumahannya rendah. Buffett tinggal di sebuah rumah sederhana yang bernilai 0,001 persen dari total kekayaannya saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya