Bank Dunia: Ekonomi RI di 2018 Meningkat, Lompati Brasil

Gedung properti di kawasan bisnis di Jalan Sudirman Jakarta.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Perekonomian Indonesia pada 2018 diproyeksi akan tumbuh secara lebih baik dibanding sejumlah negara di kawasan Amerika Latin. Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo Chaves, mengatakan ekonomi Indonesia tahun depan diproyeksi tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

Situasi Mencekam, Bank Dunia dan IMF Pindahkan Staf dari Ukraina

"Kami pikir dalam kondisi global saat ini, angka itu adalah prediksi pertumbuhan yang sangat baik, jika dibandingkan dengan sejumlah negara seperti Brasil atau Meksiko," ujar Rodrigo usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa, 21 November 2017.

Rodrigo mengungkapkan Bank Dunia juga telah menyampaikan informasi serupa ke Jokowi. Menurutnya, kerangka ekonomi makro serta stabilitas fiskal yang terus diupayakan Pemerintah Indonesia telah membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun mendatang cerah.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

"Kami juga mendiskusikan sejumlah ide potensial untuk terus meningkatkan pertumbuhan, juga kemungkinan dalam investasi pada modal sumber daya manusia di Indonesia. Kami pikir pertemuan tadi adalah pertemuan yang sangat baik, dan kami sangat bersyukur Pak Presiden mengizinkan kami berbagi pandangan dengan beliau," ujar Rodrigo.

Selain itu, Rodrigo menuturkan, dalam pertemua dengan Presiden Jokowi Bank Dunia sekaligus memperbincangkan tentang rencana pertemuan tahunan Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) yang akan dilangsungkan di Nusa Dua, Bali, pada 12 hingga 14 Oktober 2018 nanti.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

"Indonesia akan menjadi pusat perhatian dunia pada Oktober 2018," ujar Rodrigo. (ren)

Gedung Bank Dunia.

Bank Dunia dan IMF Berlomba Suntik Dana Miliaran Dolar ke Ukraina

Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan, mereka berlomba untuk memberikan miliaran dolar dana tambahan ke Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022