Pemerintah Disebut Gagal Kendalikan Harga, Ini Respons JK

Wakil Presiden, Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengaku tak setuju dengan anggapan bahwa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-JK mengalami kegagalan dalam upaya mengendalikan harga bahan-bahan pokok. Anggapan itu muncul dalam rilis hasil survei lembaga Poltracking yang menganggap kepuasan publik terhadap Jokowi-JK di bidang pembangunan perekonomian cukup rendah, hanya 46,5 persen.

Daftar Harga Pangan 4 Desember 2023: Beras hingga Cabai Naik

JK menyampaikan, berdasarkan data pemerintah, harga bahan-bahan pokok justru memiliki kecenderungan umum cukup terjangkau.

"Kalau lihat harga beras kan rata-rata turun, gula pasir turun. Yang naik, saya tidak tahu apa yang naik. Tapi dibanding dengan bulan yang sama di tahun yang lalu, (harga-harga) itu turun," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 28 November 2017.

Chef Norman Ungkap Trik Makanan Kaya Rasa, Tapi Masaknya Singkat Moms!

Menurut JK, pemerintah senantiasa membuat target Harga Eceran Tertinggi (HET) dari sejumlah komoditas yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. JK memastikan bahwa upaya membuat harga bahan-bahan pokok selalu terjangkau merupakan salah satu prioritas pemerintah.

"Pemerintah tetap menjaga harga-harga ini," ujar JK.

Biaya Transportasi Bikin Harga Bahan Pokok Meroket, Warga Intan Jaya Protes
Ilustrasi barang pangan pendorong inflasi.

BI Pede Inflasi Indonesia Bakal Terkendali Sesuai Target 2024

Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Maret 2024 tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5±1 persen. Diperkirakan inflasi 2024 sesuai target.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024